Cara Mudah Mengedit File SWF (Animasi) dengan Aplikasi Gratisan (JPEXS-FFDec)

flash decompilerBanyak materi pelajaran kimia dibuatkan animasinya dengan harapan siapapun yang mempelajarinya akan dapat memahami konsep dengan baik. Sayangnya tidak semua guru punya kemampuan membuat media pembelajaran berbasis animasi ini. Seperti saya juga tidak memiliki kemampuan itu. Namun di internet animasi pembelajaran kimia sangat banyak, kita tinggal mencari dan menggunakannya. Kemudian kita dapat membagikan ke siswa atau mengunakannya dalam proses pembelajaran guna mendukung penjelasan dalam memahami materi yang bersifat abstrak.

Kita tahu pula kemampuan berbahasa asing siswa bahkan guru sendiri kadang juga kurang memadai. Untuk itulah kita berupaya menerjemahkan teks-teks pada animasi pembelajaran tersebut dengan mengandalkan sarana yang ada. Mengubahnya teks berbahasa asing pada animasi ke Bahasa Indonesia sebenarnya tidak terlalu sulit namun tetap butuh ketelatenan. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi mengedit (decompile) file animasi yang berformat swf itu. Beberapa perangkat lunak (software) ada yang dapat memfasilitasi untuk tujuan itu, yang sering disebut swf-flash decompiler. Namun kebanyakan aplikasi seperti itu bukanlah aplikasi yang gratis. Ada sih yang ilegal tetapi sepertinya kurang patut dilakukan pendidik seperti kita kecuali terpaksa 🙂 . Kalaupun terpaksa mesti menggunakan versi trial atau demo yang terbatas fungsionalitasnya. Perlulah dicari alternatif untuk itu.

Dan setelah berburu akhirnya ketemu juga mencari alternatif untuk software swf decompiler. Selama ini kalau ingin mengubah file flash (swf) biasanya menggunakan software berbayar (seperti Sothink SWF Decompiler atau Trillix Decompiler dan sejenisnya yang tidak gratis). Sebagai pengguna saya terus berupaya mencari, yah sekedar mencari alternatif agar bisa melakukan hal yang baik dengan cara yang baik pula. Biasanya jika yang berbasis Windows tidak tersedia saya selalu beralih menggunakan Linux. Tapi kali ini saya terpacu untuk mendapatinya karena keperluan, di mana kebanyakan rekan guru menggunakan OS Windows. Pada aplikasi Sothink SWF Decompiler yang pernah saya bahas sedikit di sini, untuk versi demo atau trial (bahkan yang bajakan) dari kedua aplikasi tersebut tidak dapat melakukan edit actionscripts secara langsung, kecuali kita mau membelinya dengan harga yang tidak murah 🙂

Berikut ini tampilan awal aplikasi JPEXS Free Flash Decompiler yang merupakan salah satu software alternatif dari Sothink SWF Decompiler yang berbayar itu. Aplikasi ini menurut informasi pada situs resminya dapat berjalan di berbagai OS seperti Windows, Linux dan Mac OS.

JPEXS Free Flash DecompilerBeda JPEXS Free Flash Decompiler ini dengan Sothink SWF Decompiler adalah ia dapat langsung melakukan editing actionscripts. Ini penting karena bagi orang awam dalam pembuatan animasi, karena aplikasi ini memudahkan bagi kita yang hanya ingin mengubah teks yang berbahasa asing ke Bahasa Indonesia. Untuk edit lainnya tentu perlu penguasaan mendetail dalam pembuatan sebuah animasi dengan cara membongkar file swf menjadi file fla terlebih dahulu.

Jika animasi yang berbahasa asing itu dapat kita terjemahkan dan kita gunakan di kelas sebagai sarana belajar tentu akan sangat membantu siswa.

Bagaimana cara menggunakan JPEXS Free Flash Decompiler? Tidak  terlalu sulit menurut saya yang juga awam dalam pembuatan animasi media pembelajaran ini. Unduh (download) aplikasinya dari pranala ini. Kemudian install, dan kita langsung bisa menggunakannya tanpa rasa khawatir itu software bajakan.

Sedikit cara menggunakannya:

Setelah berhasil diinstall, kita dapat mengaksesnya melalui Search Start Menu Windows dengan mengetikkan JPEXS seperti gambar berikut:

jpexs 0Atau dapat juga diakses melalui Start Menu konvensional seperti berikut:

jpexs 01Jika sudah terbuka kita dapat langsung membuka file animasi dengan ekstensi *.swf pada folder di komputer kita.

jpexs 02Jika folder texts atau scripts sudah diklik kita akan dapat menjumpai tampilan seperti berikut.

JPEXS 1Yang perlu diperhatikan adalah kita tahu letak teks yang hendak kita terjemahkan itu. Biasanya ada dalam folder texts atau scripts. Untuk mengedit teks tersebut Klik Tombol Edit dan jika selesai Klik Tombol Save. Setelah semua beres (selesai) Klik tombol Save yang ada tepat di bawah menu File itu.

JPEXS 2JPEXS 3

Jika kurang paham akan fungsi menu dan tool yang ada kita dapat memanfaatkan menu help. Untuk mengetahui fitur-fitur dalam aplikasi JPEXS FFDec ini silahkan baca di sini.

Untuk software serupa dengan JPEXS FFDec yang tentu saja Gratis dapat di baca lebih lanjut di blog Bruce-lab.blogspot.com.

Catatan dari saya: beberapa bagian static texts tidak dapat diedit secara benar, sepertinya ini suatu bug yang harus kembali dibenahi. Jika mendapati hal ini kita bisa kombinasikan aplikasi lain. Misalnya dengan Trillix Decompiler versi demo di mana kita diijinkan untuk mengedit static texts meskipun tidak dapat mengedit actions scripts. Untuk actionscripts dengan JPEXS FFDec ini bisa berfungsi dengan baik.

Demikian sekilas informasi semoga kita bisa memanfaatkan yang ada dan memacu diri untuk bisa menciptakan sendiri kelak.

Wassalam,

Urip Kalteng

Iklan

10 responses

  1. […] itu saja, untuk aplikasi jenis lain misalnya tentang pembuat animasi boleh tengok catatan saya di sini, yang lain silakan manfaatkan fasilitas […]

  2. terima kasih sekali,… sangt membantu.

  3. Sayang, hebat sekali blog ini, kenpa tidak dipremiumkan 🙂 salam guru

  4. Subhanalloh bagus banget pak sangat membantu saya walau saya hanya operator sekolah salam kenal pak

  5. keren sekali pak tutorialnya,salam

  6. Sangat bermanfaat,
    Nice blog

  7. tetep saya bingung pak, lagi belajar buat gambar berformat .swf nih belum bisa2