Lagi – Media Pembelajaran Animasi untuk Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Sosial

Dengan hanya menggunakan kata kunci “filetype:swf” kemudian saya tambahi dengan kata “hydrolysis salt” tanpa tanda petik tentunya, saya mendapati animasi bagus dan banyak sekali, mulai dari kimia, fisika, biologi, sosial sains lainnya dan juga matematika.

google search garam terhidrolisis by urip kaltengSeperti pranala yang saya dapat itu memang peruntukannya adalah untuk siswa kelas 9 dan kelas 10 atau sebutannya junior high school, dan beberapa juga ada yang peuntukannya buat siswa sd.

Setelah saya telusuri ternyata website pada prana yang dimaksud sudah ndak bisa diakses dari halaman website utama atau memang sengaja tidak diberitahukan. Tapi ok-lah itu tidak jadi soal yang penting kita bisa mengunduh dan memanfaatkannya.

Untuk merangsang bagi saudara yang ingin tahu sekilas berikut saya tampilkan beberapa screenshoot-nya. Untuk menuju pranala yang dimaksud seperti gambar, silahkan klik gambarnya, untuk melihat isi lebih jauh lagi (biologi, fisika, dan kimia) pilih folder SRC atau src. Semoga ketika anda mengaksesnya belum keburu ditutup aksesnya oleh sang pemilik. 😀

web hmsc-1web hmsc-2 soc by urip

web hmsc-2 math by urip

web hmsc-2 science by uripSelamat menjelajah, selamat mengunduh file-file animasi (media pembelajaran) untuk diadopsi dan diadaptasi untuk pembelajaran siswa kita.

Oh ya kalau mendapatkan file-file bagus seperti tadi saya biasa tindak mendownload satu-per-satu, tapi saya download seisi web untuk bagian yang saya perlukan saja (misalnya saya perlu hanya untuk kimia, maka saya ambil pranala sampai http://202.77.125.132/hmsc/repository/science/content/9_10_Chemistry/SRC/ ). Untuk mendownload seisi web sampai batas tertentu saya menggunakan aplikasi kecil HTTrack. Tutorial bagaimana menggunakannya pernah saya tulis di sini. Jika masih kurang jelas bisa meninggalkan komentar nanti kita bahas bersama.

Demikian semoga bermanfaat.

Wassalam,
Urip Kalteng

13 responses

  1. Teknologi memang dpt dimanfaatkan sebgai media pembelajaran ya..

  2. terimakasih pak Urip. dicopy (y)

  3. lagnsung ke TKP untuk belajar WinHTTrack. terima kasih infonya, pak. guru tik byk bljr dari guru kimia 🙂

    1. Suatu ketika saya harus belajar kimia ke guru TIK 😀 dan ini sudah pernah saya lakukan ketika mesti running aplikasi buat penelitian dulu 😀

  4. Keren… Asyik… akhirnya aku bisa berburu banyak video pembelajaran dengan mudah. Trims Pak Urip!

  5. thank you……..

  6. Sangat bermanfaat, makasih pak urip, benar2 urip tenan,….hehe

  7. Mantap kang kreasinya, izin download….

  8. ulasan yang menarik, jadi menambah referensi untuk membuat media pembelajaran.
    bagi yang membutuhkan referensi lain silakan berkunjung ke web saya.thanks

    PSC Indonesia – Spesialis Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif
    Telp. 0815 797 4549
    BB. 7585807C
    http://www.pscindonesia.com