Cara Men-download File Video atau Flash (Animasi) yang Tidak Bisa Didownload Langsung

Beberapa website yang menyediakan video atau file animasi (flash) dengan format swf kadang tidak membolehkan kita mendownload atau mengkopi file-file yang dimaksud. Tapi dengan aplikasi tertentu kita tetap dapat mengunduh (men-download)-nya dengan catatan kita telah tuntas melihat video atau file flash yang dimaksud telah termuat (ter-load) di browser yang digunakan. Saya menggunakan mozilla firefox. Saya akan memberikan turtorial ringkasnya di sini tentang bagaimana Cara Men-download File Video atau Flash (Animasi) yang Tidak Bisa Didownload Langsung.

Prinsipnya apapun (CMIIW) yang bisa kita muat di browser yang kita gunakan file-file itu sesungguhnya sudah ada di dalam folder temporary komputer yang kita pakai. Namun untuk menjangkaunya tidak mudah karena file-file tersebut tidak lagi menggunakan penamaan file sebagai lazimnya, tetapi menggunakan kode dengan kombinasi huruf dan angka. Oleh karena itu saya menggunakan fasilitas yang membantu memudahkan pekerjaan unduh-mengunduh atau download-mendownload ini.

Yang perlu diingat sebelum menggunakan aplikasi ini kita harus tutup terlebih dahulu browser firefox setelah semua video atau flash animasi selesai termuat.

Ok aplikasi yang saya maksud adalah mozilla video chace, downloadnya dari sini. Setelah didownlaod, ekstrak dan kita tinggal menggunakannnya tanpa perlu di-install, klik file mozillavideocache . maka kita siap untuk mengkopi file-file video tersembunyi sehingga kasad mata 🙂

Jangan lupa lakukan pengaturan jenis video apa saja yang yang akan kita lihat dengan klik Menu Option. Pilih sesuai kebutuhan.
tampilan videocacheviewAgar kita tidak kesulitan mana kira-kira video atau flash yang hendak kita unduh tadi kita bisa mengingat atau melihat kembali pranala (link) website yang memuat video/flash tadi. Sebab kita akan disodori banyak file video atau flash yang pernah kita load selama ini (kecuali kita sudah pernah hapus cache hasil browsing kita). Perhatikan pula waktu kita melihat (meload) video/flash agar kita bisa lebih mudah melakukan pencarian atau identifikasi file-file yang kita maksud.

Bagaimana cara mengkopi atau menyalin file-file video atau flash tadi? Sila klik kanan file yang kita duga yang kita mau itu 🙂 kemudian pilih Copy Selected Files To… (atau tekan F7 pada keyboard) dan beri nama file tersebut agar mudah kita kenali. Atau kalau hendak melihat terlebih dahulu untuk memastikannya pilih Play Selected File (atau tekan F2 pada keyboard), kalau sudah pede ndak usah dilihat saja nanti malah bingung apa yg mau dilakukan (ini kalau pertama kali sih). Atau kalau mau dimana sesungguhnya file itu dalam komputer kita itu kita bisa pilih Open File Folder, nanti kita akan dibawa ke folder tempat file tersebut tersimpan (yang pasti di folder Temp).

tampilan videocacheview2Ingat sebelum melihat video/flash file cache browser harus terlebih dahulu ditutup dulu. Kalau mau memastikan kita bisa sih buka lagi brwoser firefox kita toh file cache kita sudah tersimpan di komputer.

Haaaa, sekian dulu, kalau ada yang kurang jelas boleh ninggalkan komentar agar dapat jawaban atau solusinya.

Wassalam,

Urip Kalteng

Iklan

5 responses

  1. bermanfaat banget infonya, makasih mas 🙂

  2. PAK… SAYA DAH COBA TAPI KENAPA YAH GAK ADA TUH FILE VIDEO YANG TERSIPAN, YAN ADA HANYA FILE-FILE DENGAN EXTENSI JIP SAMA JPEG SAJA.

    1. pada options, centang pilihan swf saja. biar yang lainnya tidak mengganggu

  3. utk menyatukan kembali file2 itu bgmn caranya ??