Pembahasan Soal Larutan Penyangga (Kimia 11)

Berapa mL gas NH3 (pada keadaan STP) yang harus dialirkan ke dalam 150 mL larutan NH4Cl 0,5 M (Kb = 10–5) agar diperoleh larutan dengan pH = 8,5?
(log 2 = 0,3 dan log 3 = 0,5)


Reaksi yang terjadi adalah sebagai berikut:
rekasi penyangga nh3 nh4clpH = 8,5 → pOH = 14 – 8,5 = 5,5   ;     pKb = –log 10–5 = 5;
jumlah mol garam (g) = 150 mL x 0,5 M = 75 mmol

Meskipun konsentrasi NH3 tidak diketahui pada soal tersebut, kita dapat memanfaatkan pernyataan “pada keadaan STP” di mana setiap 1 mol gas volum–nya adalah 22,4 L. Jadi kita akan menentukan jumlah mol NH3 (b) kemudian mengonversinya menjadi volum sesuai keadaan STP tadi.

Karena kedua zat berada dalam wadah dengan volum yang sama maka kita dapat menggunakan
hitungan ph penyangga nh3 dan nh4cl rumus logJadi NH3 yang harus ditambahkan adalah sebanyak 25 mmol
atau setara dengan (0,025 mol x 22,4 L) 0,56 L atau 560 mL.


Berapakah perbandingan [HCO3] : [H2CO3] yang diperlukan untuk mempertahankan pH sebesar 7,4 dalam aliran darah, bila diketahui Ka H2CO3 dalam darah 8 × 10–7?

g = jumlah mol garam (HCO3) yang merepresentasikan [HCO3]; a = jumlah mol asam yang merepresentasikan [H2CO3]

Penyelesaian:
perbanding garam asamJadi perbandingan jumlah mol garam dengan jumlah mol asam atau perbandingan [HCO3] : [H2CO3] adalah 20 : 1.

Iklan

5 responses

  1. Pertanyaan Kimia, Tanya Jawab Soal Kimia, Pembahasan soal Kimia, Diskusi dan Penyelesaian soal Kimia.

  2. Pak, saya tidaksetuju, kalau cara penyelesaiannnya seperti itu. pada persamaan perhitungan lar penyangga, karena bkn harga konsentrasi NH4+ yang dimasukkan tapi mol NH4+, bukankah itu tdk sesuai dengan persamaan larutan penyangga ? Sebaiknya yang dimasukkan ke dalam persamaan tetap kons NH4+ , yaitu 0,5 M .. setelai selesai menghitung dan ditemukan konsentrasi NH3 , yaitu 0,1667 M .. baru dilakukan pengubahan ke jumlah mol dengan memperhitungkan volume larutan. Memang kedua cara itu hasilakhir nya sama, tapi secara konseptual cara tersebut konsisten dg perumusan perhitungan larutan penyangga .. yang menggunakan perbandingan konsentrasi, bukan perbandingan mol .. Cara yg bpk lakukan menyalahi konsep, dan biasanya ini metode bimbel ..hehe..

  3. Larutan Penyangga merupakan materi kimia yang sangat penting di dalam penerapannya. Tidak banyak yang mengerti bagaimana persamaan-persamaan kompleks itu di bawa dalam aplikasi di dunia nyata. Saya rasa itu masih menjadi kewajiban para guru dan pengajar untuk mengantarkan materi ini menjadi semakin menarik dan menambah wawasan mereka, bukan hanya mati pada soal dan kurikulum.

  4. Aku besok ada postest tentang materi ini dan belum paham, alhamdulillah sedikit terbantu.. cukup jelas dan rapih dengan pembahasan memakai foto..