Cara Membuat Tulisan Simbol Rumus-rumus pada Catatan (Notes) di Facebook

Keunggulan Facebook sebagai media sosial adalah banyaknya pengguna aktif. Siapapun dapat berbagi sesuatu lewat tulisan. Jika ingin berbagi tulisan melalui pranala (link) tertentu pada dinding (wall) Facebook, orang kadang engan nge-klik karena itu membutuhkan usaha tambahan, dan nyatanya kita sendiri saja enggan membuka pranala yang memang tidak/kurang menarik. Berbeda jika berbagi tulisan yang ditulis langsung pada dinding Facebook, siapapun dapat langsung melihat tulisan tadi, tidak perlu lagi klik menuju situs tertentu lainnya. Untuk itu jika ingin berbagi ke publik atau teman di Facebook sebaiknya ditulis langsung (atau di salin rekat) di dinding Facebook.

Untuk teks-teks biasa hal itu mudah dilakukan, berbeda dengan teks-teks yang mengandung banyak simbol atau rumus-rumus. Sayangnya pada dinding Facebook tidak mendukung kegiatan tulis-menulis yang memerlukan simbol atau rumus-rumus matematika-sains. Memang ada alternatifnya yaitu dengan membuat tulisan di Catatan (Notes) Facebook.

notes menuMeski demikian fasilitas tool bar yang ada di bagian Catatan Facebook itu sangat terbatas. Seperti yang terlihat pada tangkap-layar di atas itu. Jika ingin membuat format huruf sub/super skrips mesti mengetik kode html tertentu. Berbeda dengan toolbar permformatan pada aplikasi oleh kata. Satu-satunya jalan memang harus menggunakan skrips html yang di-support oleh Catatan Facebook itu. Jika sudah terbiasa dengan skrips html tentu ini tidak masalah. Bagi pengguna WordPress (seperti blog saya ini) atau yang sejenisnya sedikit banyak akan tertolong karena di sana dapat menggunakan mode visual atau mode teks untuk menulis skrips html hanya beberapa kali klik saja.

Tulisan pada Editor WordPress Mode Visual
tool bar wpTulisan pada Editor WordPress Mode Teks
ketikan di wpLalu bagaimana caranya?

  • Buat tulisan di aplikasi olah kata (misalnya dengan Microsoft Word),
  • Salin ke dalam editor di WordPress mode visual.
  • Lakukan pengeditan seperlunya melalui mode teks.
  • Untuk melihat hasilnya berpindahlah ke mode visual.
  • Jika semua beres balik laki ke mode teks.
  • Salin semua tulisan dan rekatkan pada Catatan Facebook.
  • Biarkan kode html apa adanya nanti ketika sudah dipublish hasilnya seperti yang diketik di aplikasi olah kata tadi.

Berikut ini adalah tangkap-layar hasil rekat dari mode teks WordPress ke dalam Catatan Facebook:
ketikan hasil kopi di wp
Berikut ini adalah tampilan tulisan Catatan Facebook setelah di-publish.
hasil di fbAdakah cara yang lebih praktis?
Ada 🙂 yaitu dengan menggunakan add ons Latex for Facebook pada browser Chrome, yah hanya browser Google Chrome. Untuk membuat tulisan yang memerlukan simbol matematika atau sains dapat digunakan kode-kode Latex pada umumnya. Kalau kesulitan atau belum terbiasa dapat menggunakan latex editor yang daring (online) dan bersifat wysiwyg.

latex 1

Tulisan kode latex di browser Chrome yang telah dipasangi Latex for Facebook

latex 2

Tampilan hasil tulisan yang menggunakan Latex for Chrome

Apakah langsung bisa terlihat di Facebook tulisan dengan Latex tadi? Nah itu dia kelemahannya, siapapun yang ingin melihat tulisan simbol, rumus yang cantik-cantik tentu browser yang digunakan ya kudu Chrome yang telah dipasangin Latex for Facebook tadi :).

Ribet banget yah? Mau gimana lagi hanya itu caranya.

Sekian dan wassalam,
Urip Kalteng

Iklan

One response

  1. memang agak ribet sih, tapi lumayan ada info sedikit 😀