Pengelola

urip kalteng bloggerUrip Kalteng

  • Pekerjaan: Guru Kimia
  • Surat elektronik: mr DOT urip AT gmail DOT com

Blog ini adalah tempat saya mencurahkan sedikit pikiran (yang mungkin kurang berguna) dan pengalaman terkait keseharian sebagai guru Kimia dan sedikit pengalaman selama berkomputer dan berinternet ria.

Sedikit hal tentang pengelola blog ini
Lahir di Mojokerto, masa kecil hingga SMP di Mojokerto (Jawa Timur), SMA di Kaltim, pernah belajar di Universitas Palangkaraya (Kalteng) – Universitas Negeri Yogyakarta – Universitas Gadjah Mada, pernah mengikuti kursus singkat tentang kepemimpinan sekolah di Sydney (Australia) dan Singapore. Domisili saat ini di Pangkalan Bun – Kabupaten Kotawaringin Barat  di Kalimantan Tengah bersama istri dan anak-anak tercinta.

Pengalaman mengajar
Pernah membantu guru kimia untuk membimbing adik kelas sewaktu di SMA,  berlanjut sewaktu kuliah, asistensi praktikum di laboratorium kimia UPR.

Semasa kuliah juga aktif memberikan les privat untuk siswa SMA dan SMP yang saya tekuni hingga tahun 1997. Mengajarkan IPA, matematika dan bahasa inggris. Pada masa itu juga  mengajar di beberapa sekolah menengah swasta di Palangkaraya.

Sejak pertengahan 1997  menjadi guru di lembaga pemerintah (sekarang kementerian agama), sebagai guru IPA di MTs. Negeri Kumai hingga 2001 di Kab. Kotawaringin Barat Propinsi Kalimantan Tengah. Setelah 3,5 tahun, dipindahtugaskan dan mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikan, mengajar kimia MAN Pangkalan Bun Kalimantan Tengah, sampai sekarang.

Aktivitas dan Hobi

Aktivitas utama mengajar kimia dan nge-blog. Di sela waktu mengajar dan persiapan mengajar asyik berinternet ria, mencari info terkait pendidikan, software pendidikan, software kimia, media pembelajaran terutama pembelajaran kimia. Sesekali kalau diperlukan memberikan tutorial atau pelatihan atau menyampaikan materi untuk guru-guru terkait penggunaan TIK untuk pembelajaran. Ini sejalan dengan hobi berselancar, menggeluti software pendidikan, software kimia, juga nge-blog.

Ngeblog

Aktifitas blogging dimulai sejak pertengahan tahun 2006 (karena saat itu ada sarana akses internet dari sekolah berkat usaha dan kerja keras rekan sejawat dan kerja sama rekan di SMKN-1 Pangkalan Bun waktu itu). Dengan niat asal menulis saja.

  • Akhir Oktober 2008 blog ini memperoleh E-Learning Award 2008 dari Depdiknas peringkat 3.
  • Tahun 2009 sempat dapat penghargaan dari Internet Sehat untuk kategori blog edukatif, walaupun versi mingguan.
  • Tahun 2010 menerima Acer Guraru Award 2010, Guru era baru. Sejak 2011 hingga 2013 mendapat kontrak kerja sama Acer Indonesia untuk berbagi pengalaman memanfaatkan TIK untuk pembelajaran di setiap kegiatan yang di support oleh Acer Indonesia. Terima kasih Acer Indonesia sudah memberi kesempatan saya untuk “jalan-jalan” menemui rekan seprofesi saya di daerah lain.
  • Beberapa kali dipercaya menjadi juri dalam lomba blog guru bertaraf nasional dan lokal. Terima kasih yang telah memberi kepercayaan itu.

Demikian, dan wassalam
Urip Kalteng