Contoh Model Penilaian Hasil Belajar KTSP

Berikut ini adalah model penilaian hasil belajar KTSP termasuk model penilaian kinerja, model raport dan pengisiannya, model penilaian pembelajaran, model pengembangan dan penilaian TPK. Semua itu contoh yg ada untuk SMP.

Untuk men-download “Model Penilaian Hasil Helajar KTSP” (file zip berukuran 77 KB)… Silahkan Klik Di Sini. Jika pada link tersebut terjadi masalah karena keterbatasan akses sehingga muncul pesan terntentu dari geocities-yahoo.com coba gunakan Link Alternatif dengan Klik Di Sini.

Untuk SD dan SMA saya belum ada. Tetapi setidaknya kita sudah tahu tipe penilaian yg dikehendaki KTSP.

Rekan lain yg memiliki model penilaian hasil belajar KTSP SD dan SMA harap menginformasikannya kepada rekan lain. Atau kalo tidak bisa saja di upload di geocities.com, lumayan ada quota 15 MB, untuk membantu rekan lain yg memerlukan.

138 responses

  1. Saya minta tolong kepada semua Bapak-bapak dan Ibu-ibu yang ada disini. Kalau ada yang punya atau tahu tempat download silabus KTSP Muatan Lokal (Elektronika), harap dapat memberitahukan saya atau mengirimkan ke email saya (ridwanpane@yahoo.com) atau diupload ke blog ini atau apa saja yang penting saya bisa mendapatkan silabus tersebut. Saya sangat memohon sekali kepada semuanya, sebab mata pelajaran ini baru saja dibuka disekolah saya. Sebelum dan sesudahnya saya mengucapkan banyak terima kasih.

  2. Saya sedang mencari contoh model rapot KTSP untuk SD dan cara pengisiannya..kalo ada yg punya bisa minta tolong ke kirim ga ke email mr_antjah@yahoo.com..karena draft yg dikirim diknas ilang entah kemana..jadi minta tolong banget yah..pleaseeeeeeeeeeee…

  3. Boleh saya minta contoh silabus dan KTSP untuk SD kelas 4 …
    kirim ke ( akira_minamoto_2005@yahoo.com )
    Atas perhatian dan bantuannya terimakasih…

    ^^

  4. Saya mohon kepada yang memiliki SILABUS dan RPP (khususnya matematika dan Bahasa Indonesia) untuk kelas 4 SD mau merelakan memberi contoh / document-nya kepada saya.
    Saya akan sangat berterima kasih sekali kepada yang mau memberikannya.

    kirim ke ( akira_minamoto_2005@yahoo.com )

    TERIMA KASIH^^
    salam,

  5. @ Anca & Willy
    Sebelumnya mohon maaf, sebab saya sudah menanyakan kepada rekan2 guru SD yg ada di sekitar tempat tinggal saya ternyata mereka juga masih belum memilikinya. Jadi silahkan untuk rekan guru SD yg sudah memilikinya mari kita berbagi agar pendidikan di Indonesia tidak lagi merangkak dan di daerah tidak tertinggal dibandingkan wilayah perkotaan.

  6. saya lagi mencari misi dan visi yang tercantum dalam kurikulum 2006(KTSP),INI AKAN SAYA GUNAKAN UNTUK MEMBUAT MAKALAH TENTANG REKONSTRUKSI KURIKULUM

  7. Salam hangat.
    Saya membutuhkan semua informasi tentang KTSP untuk SD,Kompetensi guru dan semua yang menyangkut tentang peningkatan mutu pendidikan,soalnya dengan perubahan-perubahan ini mau tidak mau kita mesti mencari tau yang banyak informasi. tengs. balaz.

  8. @ aryanto
    Cari aja di milis puskur bagian file… ada Permen no 22, 23, 24 tahun 2006. Disitu mungkin ada yg anda perlukan.

    @SaepuzzamanRidho
    Semua rekan guru baik SD, SMP, SMA sama2 menunggu perkembangan informasi berikutnya terkait pemberlakuan KTSP itu. Tapi ngajar tetep saja gak banyak berubah kok, Hanya yg banyak terjadi perubahan adalah dari segi adminsitrasi.
    Salam hangat juga… 🙂 iyah dah musim hujan yah.

  9. saya membutuhkan komentar bapak/ibu rekan guru mengenai KTS or pengalaman menggunakan KTSP sulitnya dimana? enaknya dimana?juga boleh n klo mau tolong prediksi kira2 KTSP ini lebih baik or ng’ dari dua kurikulum sebelumnya (MBS ‘n KBK).
    Mudah2an ini bukan Kurikulum Katenye SiaPe………
    Makasih sebelumnya…….

  10. tolong yang ada cara penulisan rapor ktsp,bentar lagi kan terima rapot.
    pemerintah memang mau menang sendiri, terima rapor tanggal 30 des 06, tanggal 12 des. baru dikirimke sekolah!
    payahhhh

  11. Saya sudah mencoba membuka contoh model penelilaian KTSP dengan dua cara yang disarankantetapi tidak bisa, bagaimana ya? Tolong kirim saya model tersebut!
    Saya juga minta contoh model penelilaiannya untuk biologi SMP dan SMA, terima kasih banyak. Semoga situs anda dapat selalu memberi pencerahan

  12. tolong dikasih contoh model penilaian dalam mata pelajaran penjas sd, smp dan sma

  13. temen yang lagi ruwet ngurusun KTSP ayo sama-sama kita lengkapi data-data dalam sebuah situs, kemudian kita sebarkan ketemen-temen lain yang pingin…. demi kita semua ok

  14. MOHON BANTUANNYA TEMAN TEMAN
    CONTOH SILABUS SMA EKONOMI/AKUNTANSI
    KELAS X,XI,XII

  15. >> mrs
    Silahkan rekan guru yg sudah melaksanakan KTSP agar kita bisa berbagi pengalaman, dan siap antisipasi berdasarkan pengalaman yg sidah melaksanakan.

    >> bentho
    Silahkan rekan lain yg bisa bantu, disekolah saya belum melaksanakan KTSP.

    >> saiful ridlo
    Program winrar-nya sudah terinstall belum? Kalau belum dinstall dulu, karena file-nya itu dikompress

    >> solekul hadi
    Saya sulit juga mendapatkan contoh penilaian yg pak solekul hadi perlukan, mudahn ada rekan lain yg bisa bantu

    >> rawuh rudiatmoko
    Itu niat saya yang saya tulis di blog KTSP & Jaringan Blog Guru

    >> suradi.s.pd
    Loh khan sudah ada pak di bagian silabus SMA

  16. assalamualaikum….

    nama saya andri. saya perlu tentang KTSP. kalau anda tau tolong di kirim kealamat e-mail saya. trima kasih

  17. Saya harus memberikan pelajaran bahasa indonesia untuk anak-anak Myanmar, Vietnam, dan Kamboja di sekolah Yangon. Kepada yang memiliki silabus dan contoh materi pelajaran, tolong dikirimkan ke email saya douvato@gmail.com. Terima kasih.

  18. Rekan-rekan, trus di Jawa Tengah pelaksanaan KTSP bahasa Jawa gimana? Ada yang punya usul atau saran?

  19. Saya cukup prihatin dengan dunia pendidikan yang ada di indonesia sekarang ini. Saya melihat waluapun kurikulum pendidikan yang ada di indonesia selalu berganti untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna, namun jika dari pendidik sendiri, khususnya guru tidak ada peningkatan ke arah yang lebih baik itu sama saja dengan menumbuhkan pohon tanpa akar. Kita berharap pendidikan di indonesia selalu mengalami kemajuan, namun kualitas guru tidak pernah ditingkatkan. Dengan di keluarkannya KTSP diharapkan guru-guru dapat lebih kreatif dalam belajar, namun tingkat kreatifitas itu tidak akan muncul jika guru itu sendiri tidak ada keinginan untuk berbuat yang lebih baik. Hendaknya penyuluhan mengenai KTSP kepada guru-guru dapat dilakukan dengan lebih seksama supaya kejadian terdahulu tidak terulang lagi. Selain itu saya juga berharap para pendidik hendaknya dapat lebih meningkatkan pengetahuannya dan tidak gagap teknologi.terima kasih

  20. wah mau tuh prediksi unas 2007……………….

  21. aslm. kepada semua pihak, saya mohon bantuan mengenai informasi tentang karakteristik kurikulum 2006 atau ktsp. jika ada yang mengetahui perihal tsb. saya mohon kirim via email. terima kasih banyak.

  22. Saya sangat mmerlukan ktsp yang sudah jadi. Apa perbedaannya dengan yang dikembangkan sekolah selama ini, baik silabus maupun RPP. Saya ingin esensi bukan hanya retorika format maupun mensiasati UU.

  23. saya sedang mencari data-data tentyang pelajaran ekonomi kelas X SMA yang membahas tentang Pasar atau Bursa Komoditi Di Indonesia. Hal-hal yang ingin di ketahui adalah kelemahan bursa komoditi di indonesia, contoh bursa komoditi di indonesia, penjual dan pembeli dalam dalam pasar komoditi dan campur tangan pemerintah dalam pasar komoditi di indonesia. Jika anda mengetahiu dan mau untuk membantu tugas presentasi saya silahkan hubungi joe_clee@yahoo.com

  24. Tolong saya dikirim rpp TIK dan FISIKA

  25. >> wahyudi
    Loh bukannya kanwil diknas jateng lebih getol tetang info semacam itu.

    >> gusneti
    Yah masalahnya adalah pada diri guru, bisa nggak mengikuti perubahan yg cepat. Tapi kalau dari sumbernya saja tidak menghendaki begitu yah sulit rasanya. Indonesia lebih suka jalan ditempat.

    >> Anam robin
    Wah KTSP itu maunya kita yg kreatif sendiri je… yah kalau ada paguyupan guru disitulah kita bisa saling bekerja sama. Termasuk penggalanagan pembuatan jaringan blog guru ini… maunya sih

  26. tolong kirimkan saya rpp TIK,

  27. penilaian penjas dgn format KTSP itu gmn??? sapa yang tau please kirim ke alamat emailku (hitamputihdunia@yahoo.com)

  28. Mohon bantuan rekan-rekan bisa upload contoh rapor SMA, SMP dan SD yang sudah sesuai dengan KTSP

    Trims

  29. teman2 bantuin donk
    gi bikin makalah tentang perkembngan dan permasalahan kurikulum indonesia..
    klu ad yg pnya bahannya nya krm ya via email

  30. tolong prediksi unas 2006

  31. saya mohon informasi untuk buku paket b.Aeab yang digunakan untuk ktsp terimakasih

  32. mohon bantuan contoh cara penulisan rapor ktsp. makasih

  33. Mohon dikirim contoh rapor SMK yang sesuai KTSP, juga mohon dikirim teknik evaluasi dan penentuan nilai akhir untuk rapor semua program yang sesuai KTSP SMK.Matur nuwun

  34. sebenernya saya bukan guru,tapi seorang siswa yang lagi bingung and g tau sbnrny KTSP itu apaan Sh???
    terus pemerintah indonesia ini gmn sh?
    baru bentar pake KBK,eh dah diganti ma KTSP.
    mana penerapannya koq buru2 amat,belum abis taon ajaran dah ganti kurikulum.jadi gak heran klo ada plesetan KTSP=Kurikulum Tidak Siap Pakai

  35. Assalamu’alaikum wr. wb.,

    Saya sedang mencari silabus Pendidikan Agama Islam untuk tingkat SD,
    Siapa yang bisa bantu, bisa kirim lewat email : rienzeh@yahoo.com
    Thanks sebelumnya.
    Wassalam,

    Rien

  36. Assalamualaikum
    saya pendatang baru, kalo ada yang punya model rapor SD sama penilaian kerja kepla sekolah mbok saya dikirimi

    Helgeduelbek: Saya sulit untuk memperoleh informasi terkait SD pak, bahkan silabus KTSP SD saja belum ada.

  37. mohon dikirim kurikulum bauri ini (KTSP) karena saya ingin tahu seperti apa sih KTSP yang banyak membuat guru menjadi bingung. saya juga sebagai orang yang peduli dengan pendidikan ya ikut binggung

  38. saya mohon dikirimkan kepada teman-teman yang sudi kiranya tahu tentang format silabus jurusan akuntansi SMK kelas berapa aja pun tidak di permasalahkan..
    mohon segera dikirimkan ke email saya…saya mohon segera…

  39. saya mohon kepada anda yang mengetahui tentang silabus harap dikirim secepat mungkin,karena saya sangat membutuhkannya sekali,saya sangat berharap sekali kepada anda semua.sebelum dan sesudahnya terima kasih ya

  40. Assalamm….
    Buat rekan-rekan para guru, jangan dong kita mengeluh, mari sama-sama kita bangun dunia pendidikan negara kita. kurikulum boleh berubah namun jati diri kita tetap indonesia. oya kalau ada info dunia pendidikan tentang sain jangan lupa info ke saya ya. ternyata semuannya tentang perangkat kita bisa kita cari di dunia cybernet. temam para guru kirimkan draf dan daftar serta tata cara penilaian ktsp ke email saya ya: ari_utami_n@yahoo.co.id wassalam…

  41. hallo…………saya mau tanya, bagaimana sih cari handout masalah KTSP….

  42. KTSP sanga proposional yang mngedapankan potesi daerah, tapi bagaiman dengan ujian nasional, yang harus mengakomodir semua potensi itu, memang kita mengenal standar nasional pendidikan. standar yang bagaimana yang dapat mengakomodir keragam daerah itu, sangat kontral. jadi menurut saya ujian untuk menetukan kelulusan siswa harus dengan ujian sekolah saja karena tingkat kemampauan sekolah berbeda toh bantuan dan pemerataan guru juga tidak sama, tetapi jika siswa ingin melanjutkan studi maka standar nasional baru dibutuhkan. jadi siswa tidak ujian beberapa kali hanya untuk menyelasaikan pendidikan disekolah. Jika perlakuan beda mengapa haril minta disamakan.

  43. Assallamu’allaikum teman-teman,
    bila ada diantara teman-teman memiliki lembaran kerja siswa baik ekpreriman dan non eksprimen, mohon kirimi saya, saya sangat memerlukannya. segala sesuatunya beritahu saya.

  44. Rabetsa Kariono

    Salam
    saya butuh contoh silabus mata pelajaran bahasa indonesia untuk sma model lama(KBK)sebagai bahan acuan bagi saya.
    Atas bantuannya, terima kasih.
    salam

  45. menurut saya KTSP mungkin kurikulum yang tepat untuk diterapkan dalam pendidikan di Indonesia, yang pentng KTSP itu sendiri bisa mendidik dan menciptakan peserta didik yang handal dan tangguh

  46. SALAM UNTUK ANAK-ANAK PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2004,TERUTAMA SAKTI ,EP, ANDRE, VAI, DOGI,DAN LAIN2.SEMOGA MIKRO TEACHINGNYA BERHASIL OK FRIENDS!!!!!

  47. Rabetsa Kariono

    Saya mohon kepada yang memiliki RPP Bahasa Indonesia untuk sma kelas XI mau merelakan memberi contoh / document-nya kepada saya.
    Saya akan sangat berterima kasih sekali kepada yang mau memberikannya.

    kirim ke ( obetdoel20033@yahoo.com )

    TERIMA KASIH^^
    salam,

  48. hallo teman-teman, saya membutuhkan RPP bahasa kelas tiga SD semester ganjil dan genap. bagi teman teman yang suda memiliki , saya mohon kesediaan nya untuk membantu saya, memberi contoh dan cara membuatbya.
    untuk bantuan teman teman saya ucapkan terima kasih .
    tolong dikirim ke

    candi_vi@yahoo.com.

    Salam saya..
    vivian.

  49. Kepada siapa saja yang memiliki RPP Bahasa Indonesia SMP Kelas III mohon kirimkan ke Email saya atau mohon info bagaimana saya mendapatkannya. Saya akan memberikan ganti rugi sepantasnya. Terima kasih atas perhatian dan bantuan Bapak/Ibu/Saudara/Saudari.

  50. Kepada siapa saja yang memiliki RPP Bahasa Indonesia SMP Kelas III mohon kirimkan ke Email saya atau mohon info bagaimana saya mendapatkannya. Saya akan memberikan ganti rugi sepantasnya. Terima kasih atas perhatian dan bantuan Bapak/Ibu/Saudara/Saudari. alamat email saya : a.muhri@yahoo.co.id

  51. Membincang soal KTSP, memang seakan membingunkan. hal ini dirasakan oleh banyak guru SD/MI sampai SMA/MA khususnya di daerah-daerah yang (ma’af)akses informasinya kurang, SDM nya juga. sebut saja kabupaten Kudus.
    Maka dari itu perlu sosialisasi yang intensif dan grassroot dari Diknas,banyak mengadakan pelatihan-pelatihan yang diadakan di daerah-daerah. menyebarkan sample-sample yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan KTSP.

    supriyono
    mahasiswa STAIN Kudus
    jurusan Tarbiyah/prodi PAI (Pendidikan Agama Islam)

  52. saya seorang mahasiswa yang berminat menjadi guru penjas, tetapi saya tidak tahu silabus dan materi yang akan disampaikan kepada siswa saya. saya bermaksud minta tolong kirimkan apa saja materi yang berkaitan dengan penjas..email saya: ma2n_8068@yahoo.co.id…terima kasih.

  53. Tolong dong pak dikirimkan ke email saya KTSP SD, terima kasih sebelumnya.

  54. saya sedang menulis tesisi tentang KTSP dan tetek bengeknya. pingin tau sejarah, latar belakang dan semua hal tentang KTSP. please emailkan ke mumtaz04tu@ yahoo.com. selamat berjuang, semoga pendidikan Indonesia makin maju. hidup guru

  55. Pak Urip, Salam kenal.

    Saya ikutan d/l soalnya adik saya yang kuliah di Unesa merengek2 minta di d/l-in contoh model penilaian hasil belajar ktsp.

    Trims.

  56. pak, tolong kirimin kurikulum Pendidikan Agama Islam yg berbasis ktsp tingkat sd dong. terimakasih

  57. pak… tolong kirimkan Rencana Program Pengajaran Pembelajaran untuk SMA Kelas XII jurusan IS tahun 2007 Semester Genap dan Ganjil.

    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

  58. Bagi rekan-rekan yng memiliki RPP Bahasa Inggris untuk SMK, saya minta tolong kepada rekan untuk mengirimi say RPP tersebut sebab saya belum paham betul cara pembuatannya sementara kepla sekolah say sudah sangat mendesak masalah RPP. Tolong saya yach rekan……

    Thanks.
    Anton Siagian
    angie1973anton@yahoo.com

  59. Tolong dong … bagi rekan-rekan yang memiliki RPP dan silabus KTSP SD dari kelas 1 sampai dengan kelas VI. Tolong saya yach rekan……

  60. Tolong dong kirim RPP dan silabus KTSP SD dari kelas 1 sampai dengan kelas VI. Tolong saya yach rekan……

  61. Tolong dong kirim RPP dan silabus KTSP SD dari kelas 1 sampai dengan kelas VI ke i2no2k@yahoo.com. Tolong saya yach rekan……

  62. Masalah silabus itu kan masing-masing sekolah tidak sama ya.. boleh coba sendiri dan sesuaikan dengan kondisi sekolah anda

  63. bagi yang punya contoh KTSP bahasa indonesia kelas 6 SD saya mohon bantuannya untuk dikirimkan ke adline_comm@yahoo.co.id. Terima KAsih sanget.

  64. tolong kirimkan rpp dan silabus kelas 1 sd kealamat e mail lampard_faried@yahoo.co.od

  65. sintje banteng

    sampai sekarang tk belum ada ktsp selalu hanya mengacu pada ktsp sd smp sma bagaimana seperti itu tolong dibantu dong?

  66. sintje banteng

    dari pada bingung -bingung model ktsp tk belum ada saya ambil sebagai acuan kerangka model pembelajaran untuk smp saja

  67. tolong kirim silabus sama rpp untuk smp dan smk bagi rekan-rekan se profesi ok hatur nuhun

  68. tolong kirim silabus sama rpp untuk smp dan smk bagi rekan-rekan se profesi ok hatur nuhun pisan ka sadayana

  69. Saya sedang mencari SILABUS DAN RPP KELAS IV UNTUK PELAJARAN MATEMATIKA sangat saya butuhkan, bagi semua sahabat blog yg punya tolong dg sanat kirim ke email sy saga.komputer@gmail.com
    khusnul k gresik jatim

  70. Administrasi KTSP: Silabus, program, dll ada yang terbitan Erlangga per kelas. Lumayan buat icebreaker tinggal diubah sana sini. Sekarang saya naik kelas dari kelas 4 ke kelas 5. Tahun-tahun ini saya bertualang dari kelas 6 ke kelas 4 kemudian ke kelas 5. Lumayan buat refreshing dari mengajar 5 tahun di kelas 6. Meskipun administrasi baru lagi baru lagi tapi resiko itu mah…
    Selamat Tahun Ajaran Baru 2007-2008

  71. bagi anda yang mau ngirim tulisan mengenai muatan lokal elektronika SMA/MA, tinggal kirim:
    via e-mail di:anang_suryana1999@yahoo.com
    nantinya akan ditampilin di situs:
    situs :http://www.geocities.com/anang_suryana1999

    Dan saya menawarkan kerja sama dengan blog-blog untuk melakukan link dengsn ditus saya yang beralamat di:
    http://www.geocities.com/anang_suryana1999
    Untuk Helgledek juga bisa link dengan saya. Hubungi via e-mail aja.
    From guru Fisika & Elektronika MAN 1 Kota Sukabumi.
    Trus bagi yang punya informasi seputar Olimpiade Fisika SMA bisa kirim via e-mail ke :anang_suryana1999@yahoo.com
    Sekian terimakasih 🙂

  72. situasi seperti ini memang tidak baik. semua orang bingung, ke mana harus mencari rujukan. pihak yang berkompeten, khususnya pihak diknas harus segera memberi penerangan tentang apa dan bagaimana ktsp diterjemahkan dalam tindakan di dalam kelas. hingga kini, tampaknya, aparat pendidikan di tingkat operasional belum memahami bagaimana seharusnya ktsp dioperasikan. saya malah khawatir, orang-orang tak sampai sepenuhnya memahami ktsp, kurikulumnya sudah harus berubah lagi.

  73. askom, teman sejawat yang luar biasa, saya mohon bantuan kiriman , silabus KTSP untuk SD, sebagai bahan acuan…..bolehkan …demi anak cucu kita dimasa akan datang,wassalam

  74. edutekh dengan edugradenya membuat penilaian berbasis ktsp lebih mudah dan tersimpan rapih di database sekolah

    coba saja lihat di http://edutekh.com/edu_grade.html

    dan unduh filenya untuk melihat lebih detil proses penilaian dan pelaporan KTSP menggunakan komputer printout

    semoga mendapat pencerahan

    salam

    Cyberlock

  75. ktsp , kurikulum penuh tantangan

  76. boleh dong minta contoh ktsp untuk Mts. kirim aja ke kalprog@yahoo.com thanks ya….

  77. tolong kalau ada silabus ktsp ipa terpadu smp dan biologi sma sekalian rppnya. thanks

  78. minta rpp, silabus, soal-soal TIK SMA semua kelas. kalau ada yang punya bisa kirim ke email smp3sugio@yahoo.co.id
    matur nuwun

  79. saya butuh buku bahasa jepang untuk kelas x,xi,dan xii. mohon bantuanya.tolong hub:thariqins@yahoo.com

  80. Tolong Kirimi Silabus KTSP untuk SMA, dan kalo ada kasi tutor web design,

  81. saya punya CD interaktif psikologi bimbingan Konseling. bagi yang mau akan saya kirim ke emailnya, volume cd ini besar yaitu 35 megabyte. cocok untuk sekolah unggulan / akselerasi dari fandidoang@yahoo.com

  82. Saya sudah mendapatkan DRAF sistem penilaian ada 7 buku (bundel) Sampai saat ini saya belum mendapat kabar dan data yang baku. bagi yang sudah ada mohon kerelaaannya kirim ke email saya : rivaibkl@yahoo.co.id

  83. tolong kirimkan semua tentang ktsp

  84. saya butuh KTSP, silabus, RPP dan atau TIK mata pelajaran Bahasa Inggris SD (khususnya praktek. bagi yang mempunyai mohon berkenan berbagi dan atau memberi bantuan kepada saya. email saya: hitupnawa@yahoo.com

  85. rkan rekan yg terhormat

    tolong dunk kirimkan saya silbus sd kelas 4 ke

    roman_dewa@hotmail.com

  86. tolong kirimkan saya contoh silabus b.indonesia untuk kelas 2 sd bila ada…tolong kirimkan ke e-mail saya:
    rahilia_santi@yahoo.co.id

    terimakasih.

  87. meskipun aku bukan guru, boleh ikut kan? kebetulan sd dekat rumahku minta tolong aku cari silabus ktsp sd untuk semua bidang studi, kalaupun harus download kasih tahu situsnya, soalnya di kstp.diknas.go.id, tidak bisa saya access. tolong dong kirimkan ke emailku sunda35@yahoo.com, trim banyak atas bantuan bapak ibu semuanya, demi kemajuan sd dekat rumahku.

  88. Saya mohon kepada yang memiliki SILABUS dan RPP (khususnya seni budaya) untuk kelas X, XI, XII mau merelakan memberi contoh / document-nya kepada saya.
    Saya (rullykth@yahoo.com) akan sangat berterima kasih sekali kepada yang mau memberikannya.

  89. Pak Urip yang kami hormati
    Lha kok kita samma ya? Sama-sama ngajar Kimia dan TIK karena latar belakang juga mirip. wah kanalkan dong kalo begitu,
    Saya Farih Ibnu Khozin
    Guru Kimia dan TIK di MAN Kutowinangun Kebumen
    Jl. Pencil 47 Kutowinangun Kebumen 54393

  90. KTSP, silabus & RPP SD, lengkap aku, tapi boaaaaanyak om, mas, mbak. Kalo via emal ikelamaan tuh, betel

  91. Ana butuh rpp kelas 8&9 ips

  92. salam juang buat kamu yang lagi bingung, aye juga bingung nihhh, he,he,he, kenapa ya ktsp buat orang bingung khusunya guru, aye bukan guru, tapi aye tertarik dengan isu-isu dunia pendidikan yang masih dipolitisi oleh jakarta, kurikulum diganti tapi sosialisasinya amburadul, kalau pelaku pendidikan formal dinegeri jawa yang satu pulau dengan jakarta gak ngerti, apalagi negeri-negeri yang diluar jawa!!!! gimana ya??? sekedar masukan, guru harus bergerak dan bangkit, tidak dalam posisi sulit/bingung hanya karena konsep yang ditawarkan pemerintah yang kelihatatan belum ikhlas, dan selalu ganti baju pada setiap periode. untuk itu guru harus meminta pertanggung jawaban pemerintah terhadap perlakuan mereka kepada guru, dunia pendidikan adalah dunia masa depan, dunia yang penuh kasih sayang, ikhlas, setia, berwibawa dan bermartabat.,,”selamat berjuang pahlawanku”,,

  93. Ktsp masih merupakan kurikulum yang sulit diterapkan di sekolah daerah terpencil karena keterbatasan dan kondisi alam,serta iQ siswa di daerah pedalaman yang renda,jauh beda dengan siswa diperkotaan yang nota bene sudah mendapat penddikan yang memadai disekolah dasar,ketioka mereka melanjutkan ke SMP ,guru di SMP tidak lagi harus mengulang pelajaran yang harusnya dipelajari di SD,misalnya: menulis..siswa dipedesaan cara menulisnya belum sempurna sudah lulus dan lanjut ke SMP,akhirnya guru di SMP harus mengajari cara menulis yang baik dan benar…Hubungannya dengan KTSP adalah kurikulum ini menuntut siswa bisa mandiri sementara kemampuan dasar belum kompli dari SD…Jadi yang jadi pokok adalah siswa keluaran dari SD harus betul2 yang sudah punya kemammpuan dasar:menulis, membaca,menyimak,berbicara,menghitung..dll..Thanks wslm

  94. Ktsp masih merupakan kurikulum yang sulit diterapkan di sekolah daerah terpencil karena keterbatasan dan kondisi alam,serta iQ siswa di daerah pedalaman yang rendah,jauh beda dengan siswa diperkotaan yang nota bene sudah mendapat penddikan yang memadai disekolah dasar,ketioka mereka melanjutkan ke SMP ,guru di SMP tidak lagi harus mengulang pelajaran yang harusnya dipelajari di SD,misalnya: menulis..siswa dipedesaan cara menulisnya belum sempurna sudah lulus dan lanjut ke SMP,akhirnya guru di SMP harus mengajari cara menulis yang baik dan benar…Hubungannya dengan KTSP adalah kurikulum ini menuntut siswa bisa mandiri sementara kemampuan dasar belum kompli dari SD…Jadi yang jadi pokok adalah siswa keluaran dari SD harus betul2 yang sudah punya kemammpuan dasar:menulis, membaca,menyimak,berbicara,menghitung..dll..Thanks wslm

  95. butuh RPP untuk SD kelas 4 sampai 6, bidang study Matematik, Bahasa Indonesia, PKN, IPA, IPS. tolong kirimin ke fast_cv@telkom.net

  96. memang untuk memahami sesuatu(KTSP) yang baru perlu waktu. Sampai sekarang banyak guru yang belum tau persis apa itu KTSP karena sosialisasinya tidak nyampai kesemua guru. Yah akibatnya mau bikin silabus dan RPP guru kagak kenal ama yang namanya si- KTSP kan jadi bingung. Nah saya menghimbau baik sosialisasi atau penjelasan tentang KTSP, cara membuat silabus dan RPP maupun tematik oleh para ahli (pakar) terus dilaksanakan sampai semua guru mengerti, jadi guru tidak kebingungan seperti orang yang tersesat di jalan.

  97. saya,se7 dengan pendapat bapak dan ibu diatas.apabila pemerintah ingin menampilkan kurikulum yang baru sebaiknya.sosialisasinya melihat dari kondisi yang sebelumnya,dan harus secara besar besaran….sehingga para pengajar tidak bingung….dan membuat para siswa ikut2an bingung…GBU

  98. Mungkin ada rekan-rekan yang punya ruprik standar untuk meyelesaikan Kompetensi Dasar bahasa Inggris SMP. e.junaidi_bkl@yahoo.co.id. Guru English SMPN 1 Taba Penanjung Bengkulu Utara

  99. Mungkin ada rekan-rekan yang punya rubrik standar, untuk meyelesaikan Kompetensi Dasar bahasa Inggris SMP. e.junaidi_bkl@yahoo.co.id. Guru English SMPN 1 Taba Penanjung Bengkulu Utara

  100. Saya setuju sekali dengan perlunya garis dan bahasa yang tegas tentang kurikulum dengan sosialisasi yang cukup. Tetapi di lain pihak buanyak guru bukannya tidak tahu tetapi tdak mau tau.
    Tentang model rapor? saya yakin seyakin-yakinnya bahwa model rapor tsb tidak tepat; alasan saya;
    1. Sebelum SK/KD ada tujuan pembelajaran (SI bagian B)
    2. Bobot masing-masing aspek/komponen tidak sama,
    3. Pada standar penilaian guru wajib melaporkan hasil penilaian mata pelajaran pada setiap akhir semester
    kepada pimpinan satuan pendidikan dalam bentuk satu nilai prestasi
    belajar peserta didik disertai deskripsi singkat sebagai cerminan
    kompetensi utuh.(Lampiran Permen No. 20 tahun 2007- Bagian D12)
    sehingga yang harus dilaporkan ke ortu ya simpulan kemampuan siswa seperti yang dituntut dalam tujuan pembelajaran tsb.
    4. Adalah buerat sekali bagi guru menilai ratusan anak dengan 3-4 aspek
    5. Adalah lucu kalau ulangan harian memanga hasus peraspek (SK/KD), ulangan mid dan semester yang materinya beberapa SK/KD)hasilnya harus di pecah lagi peraspek .

  101. saya minta tolong kalau ada yg punya KTSP ipa terpadu untuk SMP tapi versi bahasa eng please..kirim k r1n1oktora@gmail.com

  102. bagi rekan2 tolong kirimkan saya contoh silabus akuntansi untuk kelas 1 sampai 3 SMA bila ada…tolong kirimkan ke e-mail saya:
    budi_setiyop@yahoo.co.id

  103. MINTA BANTUAN REKAN-REKAN GURU SILABUS DAN RPP SD,SMP DAN SMA UNTUK TAHUN PELAJARAN 2008-2009

  104. MINTA BANTUAN REKAN-REKAN GURU SILABUS DAN RPP SD,SMP DAN SMA UNTUK TAHUN PELAJARAN 2008-2009
    KIRIM :sulaeman@generaleducationcenter.com

  105. Minta Bantuan di kirimi contoh silabus bahasa jawa untuk SD

  106. nyuwun sewu bapak, kulo nembe mawon mampir. niki mawon amargi kulo betah sylabus bahasa inggris sma ingkang sampun dados

  107. Bagaimana cara memahami pembuatan KTSP yang baik dan benar ?
    Bagaimana cara membuat Silabus , RPP, SARP, dan menentukan KKM yang di inginkan / yang sesusai dengan KTSP?

  108. sebenarnya tugas kita begitu berat, tetapi dengan semangat tinggi, maka segalanya menjadi ringan,dan dengan kesetiakawanan kita, saling mengerti, maka segala kesulitan akan sirna. apa guna teman jika tidak dapat saling sharing?
    semoga kita dapat saling share,

  109. mohon bantuan rekan-rekan untuk silabus, rpp, smk 2008/2009

  110. dengan KTSP, kurikulum menjadi Kurikulum terserah sekolah pemakai. kalau begini, penilaian juga donk.
    apa penilaian tidak menjadi subjektif?

  111. penilaian pembelajaran memang banyak sekali macamnya, seorang guru boleh menggunakan model penilaian yang seperti apa tergantung kebutuhan dengan pertimbangan situasi dan kondisi yang dihadapi, agar cara penilaian yang digunakan oleh guru dapat seobyektif mungkin. jangan mentang2 guru adalah penentu penilaian maka guru dapat semaunya tapi guru harus benar2 mempertimbangkan banyak hal untuk penilaian pembelajaran sebab dari penilaian tersebut guru juga harus mengevaluasi diri, agar proses berikutnya dapat lebih baik dari yang sebelumnya. ucapan terima kasih yang setulus2nya untuk semua guru dari transfer of knowladge and transfer of value -mulah kami bisa bergerak maju

  112. Kami sangat tertarik dengan Materi ANDA.
    Knp?……
    Karena anda begitu lengkap menguraikan masalah penilaian pembelajaran ini.Sehingga kami yang masih dalam tahap belajar ini,bisa mendapatkan wawasan yang begitu penting dari materi yang anda paparkan.
    Penilaian memang salah satu tolak ukur keberhasilan dalam proses pembelajar.Karena dengan adanya penilaian kita bisa mengetahui sejauhmana tingkat keberhasilan peserta didik dalam memahami isi pembelajaran.Jadi memang seharusnya penilaian pembelajaran bukan diukur dari pemahaman peserta didik saja,tetapi juga dari kondisi mentalitas serta keaktifan peserta didik dalam belajar.Sebagai pertimbangan dalam penilaian pembelajaran.Serta guru harus mampu memahami karekteristik peserta didik.

  113. untuk saudara (i) yang punya contoh sillabus KTSP/KBK untuk SD khususnya Matematika, tolong kirimkan ke e-mail saya sugianto_aris@yahoo.com. please….
    saya sangat memerlukannya..
    terimakasih sebelumnya

  114. Salam kenal. Saya guru bhs Inggris tingkat SD yg masih baru. Kepada siapa saja mohon bantuannya untuk mengirimkan panduan & contoh pembuatan “Program Pengajaran”, “KKM beserta cara hitungnya” dan “Model Penilaian” untuk kleas 1-6 SD. Saya sgt membutuhkannya untuk mengoptimalkan pencapaian hasil belajar siswa. Mohon dikirim secepatnya ke e-mail: joes.pranata@gmail.com Terima kasih, Jazakallahu khairan katsira.

  115. Salam kenal. Mohon kirimkan format baku raport KTSP SMK teknologi (kalau bisa dalam bentuk file .pdf)ke e-mail saya : yannisari_bakri@yahoo.co.id. Terima kasih wassalam. Dari Bakri. Wakasek Kurikulum SMK N 2 Praya Tengah Lombok tengah.

  116. makasih artikelnya yang bermanfaat ini, salam kenal dari saya…

  117. asslmualaikum, wr.wb
    salam hangat
    tolong donk kirimkan di email saya mengenai penjelasan 8 standard yang ada dalam KTSP!!!!!!!aku tunggu secepatnya…

  118. Assalamalaikum

    Terima kasih atas infonya, insyaallah sangat bermanfaat.

    Jazakumullah Ahsanal jaza’

  119. Saat ini saya lagi mengarap perpustakaan di web http://perkapalan.co.cc buat kawan2 yang memiliki link2 untuk buku gratis kami mohon kesediannya untuk memberitahukan. Dan buat kawan2 yang mengiginkan KTSP silabus dan rpp silakan mendownload nya. kalau tidak ada anda boleh meminta untuk di upload. thanks

  120. kirimi KKM dan TKD untuk pendidikan agama islam SD kelas 1 sampai 6. Terimaksih banget atas bantuannya. Salam.

  121. terima kasih karena udah menyediakan link downloadnya. sekedar info, untuk model rapornya masih model lama, sekarang sudah terbit model rapor baru yang mirip model rapor dulu namunn dengan sedikit perubahan.

  122. Bagi rekan – rekan guru yang memiliki silabus dan RPP utuk SMK Bisnis dan manajemen tolong kirim khususnya untuk adm. perkantoran / sekretaris. trims

  123. apik apik apik tenam! ! !

  124. d d dd d d d d d d d

  125. safrizal (lab School Unsyiah)

    thanks…

  126. cukup bagus, tolong ambil contoh juga ke mata pelajaran matematika dan fisika. yah, sekalian dengan contoh analisis ulangan.

  127. Assalm..
    Saya guru honorer yg bru mngajar KKPI slama 3hr,bnyak ksulitan yg sya hdpi,untuk itu sya mohon bantuannya kepada rkan-rkan yg memiliki KTSP, Silabus, Rpp, Modul, Jobsheet, Program tahunan, Program semester, Analisa pembelajaran, Kisi-kisi soal + jawaban pada mata pelajarn KKPI untuk SMK
    Tolong dikirimkan ke alamat email noval_1031@yahoo.com
    saya pribadi mngkn tdk bsa membls kbaikan rkan2 slain dgn ucpan trima kash, namun Allah Swt maha mengetahui kebajikan & kebaikan umatnya..Amienn..
    Thanx to all
    Wasslm…

  128. terima kasih atas artikelnya
    labkom40
    labkom

  129. bUKU PETUNJUK lAPORAN HASIL BELAJAR YANG DIKELUARKAN DIREKTORAT TAHUN 2006 BERBEDA DENGAN PETUNJUK PENILAIAN DARI BSNP LETAK PERBEDAAN
    KALALU DARI DIREKTORAK NILAI DITULIS 0 – 10
    KALAU PETUNJUK BSNP 0 – 100
    MANA YANG DIGUNKAN

  130. Ikut nimbrung. Saya Calon guru informatika. Angkatan pertama di Indonesia (jur pendidikan teknik informatika universitas negeri malang)

  131. tolong yang punya silabus ma RPP akuntansi SMA kirim ke email zie_bigboss@yahoo.co.id.makasih

  132. Hallo
    how are you. I need alot of material of narrative

  133. hallo , I need a lot of narative material

    edi purnama
    smpn 9 Banduung

  134. Tolong kirimkan program tahunan, program semester, silabus, dan rpp kelas III kurikulum ktsp