Free Fix-It-Yourself Manual –> Service Laptop

Ceritanya kemarin saya disodori temen untuk mengecek laptopnya yg gelap tidak mengeluarkan cahaya di LCD-nya. Lalu saya iseng lagi untuk mencoba menjelajah di dunia maya. Terus ketemu dengan link yg bagus dalam hal memperbaiki dan lepas pasang bagian2 di laptop alias notebook, terutama yg bermerek Toshiba.

Dari link tersebut kita akan sangat mudah untuk mengikutinya karena disertai gambar-gambar yg sangat jelas. Bila kita berniat untuk mencoba mengupgrade sendiri laptop atau memperbaiki kerusakan kecil bahkan yang besar coba saja mengunjunginya. Selama ini saya sendiri belum punya yang namanya laptop hanya pernah beberapa kali membantu laptop milik temen yg sedang dirundung masalah.

Laptop bagi kebanyakan orang masih merupakan barang mahal termasuk saya. Maka barang ini sangat disayang-sayang. Untuk mencoba membongkarnya orang masih takut… belum banyak publikasi untuk di negeri Ndonesa. Banyak temen yang sering sudah bongkar pasang CPU tapi begitu menghadapi laptop… gak begitu berani. Padahal prinsip kerjanya gak jauh beda… hanya ruangan dan ukuran bagian2 nya yg sedikit diperkecil.

Pernah suatu ketika laptop punya temen jatuh, karena sialnya tas sewaktu turun dari kendaraan, padahal akan segera melakukan presentasi. Setelah terjatuh laptopnya mati total…Mereknya Axioo kalo gak salah. Padahal masih masa garansi, tapi karena waktu mepet saya diminta untuk coba cek. Ternyata yang bermasalah adalah rusaknya slot RAM saja karena terjatuh itu. Akhirnya saya pindahkan ke slot yg lain (sebab ada 2) dan hasilnya laptop itu hidup kembali, meskipun LCDnya di bagian tengah terdapat garis pelangi vertikal. Tapi untuk presentasi hal itu gak masalah toh yg ditampilkan nantinya itu menggunakan LCD proyektor. Lega juga… bisa sedikit mbantu.

Kembali ke masalah laptop temen yg LCD-nya gelap (bukannya tidak terlihat apa-apa sih) tadi. Sebenarnya CPU pada laptop tersebut gak ada masalah, ini terbukti ketika laptop tersebut saya hubungkan dengan monitor CRT tampilannya normal2 saja. pada scree LCDnya ternyata gelap kecuali jika di luhat dengan menggunakan pantulan matahari pada LCD nampak tampilan normal hanya saja gelap.

Dugaan semula sih menurut saya akan saya coba install ulang driver VGA-nya. Tetapi setelah berdiskusi dengan temen yg di seberang sana setelah saya ceritakan kasusnya disimpulkan itu tidak ada kaitannya dengan VGA. Karena jika dihubungkan dengan monitor biasa tampilannya normal.

Menurut forum yang saya sodori masalah itu disimpulkan ternyata ada yg gak beres dengan LCD-nya sendiri. Kemungkinannya adalah cairan pada layar tidak mendapatkan supplay arus yang memadai sehingga tidak bisa memendarkan LCD secara penuh. Weeeks… selesai sudah perjuangan saya, karena tidak ada ilmu sedikitpun tentang elektronik apalagi terkait LCD. Akhirnya disarankan untuk dibawah ke service centernya. Sayangnya letak kota kami sangat jauh untuk menuju service center Toshiba itu. Jadi yah… nunggu kesempatan saja kalau pas ada keperluan lain yg lebih urgent.

Tamat dah perjuangan saya untuk mencoba mengatasi masalah laptop yg gelap itu. Tapi setidaknya saya memperoleh pengetahuan sedikit tentang persolan tadi.

Link yg sempat saya kunjungi dalam rangka mencoba memperbaiki laptop gelap itu:

Mungkin ada yg punya pengalaman yg sama, atau bisa membantu solusi alternatif untuk masalah di atas???

71 responses

  1. saya juga punya masalah dengan laptop. laptop saya toshiba satellite L30-C330. Masalahnya kan saya butuh presentasi. Tapi kalo laptop ini dihubungkan dengan LCD proyektor, maka LCDnya mati, sebaliknya kalo LCDnya diaktifkan, LCD proyektornya yang no signal. gimana nih?

    Helgeduelbek: Duh gimana yah saya belum pernah mendapati masalah seperti itu, mungkin ada rekan lain yg bisa bantu?

  2. Lapotop yang LCDnya mati saat dicolok ke LCD Proyektor itu karena driver VGA hanya standart windows. jadi harus dicari dulu utlity untuk VGAnya. Cari typenya trus instal. nanti pada propeti display baru setting untuk vga outya. selamat mencoba

  3. tolong bantu saya, untuk dapat kembali memasang laptop axioo saya (tipe apa saja). Makasih tolong dibalas di laichunster@gmail.com

  4. Kalo Laptop kena virus gimana membersihkannya ya Pak Helge??

  5. Saya dealer Axioo di Surabaya.

    Axioo adalah notebook rakitan lokal yang disupport oleh 3 merek utama dalam jagad komputer (Intel, Seagate, Visipro). Axioo masih satu rumah dengan 3 merek tersebut.
    info produk bisa lihat di: http://www.axioo.net
    info produk juga bisa minta via japri ke imel saya

    Buat yang berminat ambil Axioo, saya bisa ambilkan di gudang dengan harga semurah-murahnya sampe tanggal 29 Maret 2007 untuk semua tipe kecuali tipe VL, karena lagi ada promo buat dealer.

    kontak di neo_spezia@yahoo.com

  6. Saya kerja servis laptop.

    kalo gelap tu ada 3 kemungkinan :

    – Neon di LCD pecah
    – Inverternya rusak

  7. Saya kerja servis laptop.

    kalo gelap tu ada 3 kemungkinan :

    – Neon di LCD pecah
    – Inverternya rusak
    – soket/ kabel putus jg mungkin.

    cek them all………………

    gut lak….

  8. ‘lam kenal smua
    saya pernah mengalami hal seperti ini, memang agak susah memperbaikinya. apalagi kalo kata harus mengganti neon, inverter seperti petunjuk mas saiful (jamil kali yah???)
    tapi jangan menyerah dulu barangkali cuma konektor lcd ke mainboard agak kendor ato nggak terkoneksi dengan benar, memang harus bongkar casing ^_^.

  9. kya’ny g’prlu smpe psing ky’gtu dech!!!ckup dg brshin cassing j kaleeee!!!!!!!!!!he………….
    bner kn kta q!!!

  10. mo nanya nieh, tentang laptop juga tetapi bukan LCD melainkan battery,
    notebook saya IBM T22, beberapa hari yg lalu saya hibernate (kondisi battery 25 minute, dah low batt), kenapa saya hidupkan lagi battery ga bisa digunakan sama sekali, atau rusak, jadi dah ga bisa nyimpen listrik sama sekali walau hanya 1 minute,
    ada yg bisa bantu ?? tlg banget nieh, masalahnya listrik di tempat saya sering padam mendadak, thanks

  11. Mas adhi masalah sama dengan laptop saya, hanya satu mas penyelesaiaanya ganti batre. karena batere tidak bisa di service.

  12. Diberi laptop merek asus A1. Pada casingnya banyak bagian yang patah dan pecah. Sudah pernah dibongkar sendiri, katanya. Saklar on/off disamping kiri bolong alias tdk ada. Charger dan accu kata pemiliknya sudah rusak dan LCD gelap.
    Iseng2, aku bongkar satu persatu untuk dibersihin. Melepas keyboardnya susah karena ga tau caranya. Buka casingnya susah karena terkait satu dengan lainnya. Banyak mur yang sudah hilang.
    Setelah semua bersih. Pertama chargernya dicek. Untunglah masih ada tegangan hanya kabelnya yang harus diberi penyangga diikat dengan isolasi sepertinya ada yang patah didalamnya.
    Nyalain laptopnya gimana, tdk ada saklar on/off. Pengen tau isi Hardisk, coba dicolokin ke pc. Ha…ada manual A1 disana beserta driver2nya. Rupanya ada tiga button diatas keyboard agak kanan yang bisa juga dipakai untuk start. Saat melepas pendingin proccessor ada pasta seperti pasta gigi yang harus dibersihkan dan diganti dengan yang baru. Coba colokin chargernya. Led hijau dan oranye depan nyala, suara harddisk terdengar berati booting. LCD memang gelap tapi pakai monitor lain bisa.

    Kerusakan yang dijumpai:
    – casing
    – keyboard
    – LCD gelap
    – CD drive kadang bisa utk baca CD, utk DVD tidak bisa

    Buat yang tau dan pernah membongkar Asus A1 mohon bantuannya bagaimana mekanik saklar on/off bekerja. Sekarang ini mematikan bisa via windows shutdown atau dengan melepas semua sumber listrik (cahrger + accu) jika ada masalah.

  13. VGA AXIOO NOTEBOOK SUAL CORE SERI NVB …. SERING GAK NYAMBUNG KE LCD MERK TOSHIBA, TAPI KALAU DI SAFE MODE LANGSUNG KENA…. TOLONG SARANYA. SOALNYA MASIH KATROK BANGET.

  14. untuk epson c58 dan c 90 aku ada ssc nya yang mau.. gratiss
    kirim email aja…

  15. Saya punya problem berat neh, mudah2 an ada yg bisa bantu ya, tadi malam laptop saya jatuh dari meja ke lantai, saat jatuh posisi lap top sudah OFF, saat saya buka dan coba, warna tampilan biru dibagian belakang, dan hitam dibagian depan seperti awan gelap, kalau dibiarkan agak lama (sekitar 5 menit), warna layar menjadi putih, tetapi ada warna biru muda di sebelah kiri layar.
    apa masih bisa diperbaiki ya ? mohon advisnya … terima kasih sebelumnya

  16. haloo,…saya kemarin beli laptop dynabook VX1/W15LDET bekas, sesampai dirumah LCDnya kadang ada garis2nya kadang hilang (garis horizontal kadang kedip2) trus saya coba ganti inverter dan VGA ternyata hasilnya sama,…pusiiing.mohon temen2 yng bisa bantu,…makasih

  17. salam kenal bro,
    laptop saya Toshiba Satellite M 55 kemarin jatuh,
    Sialnya akibat jatuh itu, lcd jadi seperti retak, bahkan memang mungkin sudah pecah, dari ujung kiri bawah diagonal sampai kanan atas layar. 3/4 bagian layar mati, hanya keluar warna putih. dibagian yang lain masih terlihat background windows berjalan normal.
    ada yang bisa bantu, dimana bisa servis yang bagus atau ganti lcd-nya? dan berapa kira-kira dana yang dibutuhkan? thank!

  18. salam kenal,
    gw pakai asus m5, ada masalah sedikit nih. batre asus gw udah rusak,cuma tahan 10 menit.gw sdh beli yang baru, tp bukan orisinil.ternyata setelah di charge hanya terisi 30%.gw sdh coba bawa ke service center asus di mangdu, ktnya harus service motherboard.mungkin bro punya solusi lain? trims banget sebelumnya….

  19. Hey semua….

    Ikutan gabung ya..
    Beta punya Compaq Presasio c301, masalahnya juga pada LCD, ketika dinyalakan adanya hanya warna biru dan bergerak-gerak dan kadang berubah menjadi hitam, tapi ketika saya konekkan ke Monitor sehat-sehat ja tuh di monitor. Notebook tersebut rencana mau saya bawa ke agennya di semarang dpn SMA Don Bosco.. soale kalo di tangani sendiri takute malah tambah rusak. Menurut sodara semua tihndakan saya bagaimana??
    Bantu saya ya sodara-sodara.. karena saya amat sayang dengan laptop itu..
    Heheheheh…..

  20. salam kenal mas. mintak tolong ni mas, leptop saya compaq evo n1020v,
    krusakan pada leptopsaya adalah ngak bisa nyala sama sekali tapi pada waktu di hidupin lampu detektor ON nya nyala sama kipas samping, tolong bantu saya mas?…tolong,,,mas tolongmas ya?….
    kirim imel saya mas…. maarro_z@yahoo.com… makasi

  21. saya punya masalah dengan leptop ku,,ketika mula2 di hidupkan selalu layarnya berwarna putih…dan tidak ada gambar didestopnya.
    mohon solusi ya

  22. Pakabar mas… Mf saya mo tanya nh,Saya kan punya laptop mereknya axioo,di THR mal surabaya, saya belinya sekitar 1 th lebih.. nah setelah 3 bulan saya membeli laptop saya rusak, LCD nya yang kena.. kebetulan msih ada garansinya, dan saat ini laptop saya rusak lagi, LCD nya lgi yang rusak, klo di nyalakan kadang bagus kadang juga rusak layarnya goyang-goyang trus,tapi lebih banyak rusaknya dri pada baiknya…. Saya ingin perbaikinya tapi sekarang saya tinggalnya di grogot Kal-tim. jauh banget tuk pergi kesana perbaikinya, klo bisa mas lajari saya aja yah biar sya sendiri yang baikin. gmna cara membuka dan meneliti yang mana yang rusaknya….saya minta toooooooloooooong Mas!!!
    Gimana solusinya,????? kirim ke email saya az.. ya Alief_rc@yahoo.co.id Makacii

  23. salam sejahtera mas… mo tanya neh mas sy punya laptop HP Compaq, tiba2 mati, led power nyala tapi tidak ada reaksi sama sekali, apakah power supplynya mati? ato apa nya ya mas thx…
    dheky74@gmail.com

  24. salam kenal mas ada yang bisa bantu temukan alamat yang memuat cara-cara bongakar tecra m1 1600 g? tolong kirimin email ke nojicomp@gmail.com ya ditunggu besok mau di pake

  25. saya ingin mengupgrade memory laptop saya dari 512 ke 1G bisa ngk? tipe laptop saya Axioo neon-NVS 858 P.trus berpa yah? trus apa bisa saya mengganti cessingnya? laptop saya warnanya kuning saya ingin mengganti cessingnya dengan putih.kira2 berapa biayanya untuk ganti cessing. mohon dijawab kirim via email libby_aizhiteru@yahoo.com

  26. siang mas, mo nanya nih:
    laptop saya BYON, saya sering presentasi dimana2 tp sekarang ada bbrapa projector tertentu yg ngga mau display dr laptop saya, awalnya saya pikir kabelnya, tp gonta-ganti kabel ga pengaruh, stelah ganti projector baru bisa. tp projector yg lama itu tnyata ngga masalah dihubungkan sama banyak laptop laen. jd saya ambil kesimpulan yg error laptop saya, mungkin port VGA yg bermasalah, entah kurang daya atau bgmn. atau driver VGA-nya (Intel GM945), tp sblomnya dulu ga ada masalah tu sama hampir smua projector.
    Begitu jg dgn port USB, ada 3 port, hanya 1 port yang kuat mendetect eksternal harddisk, laennya ngga kuat.
    Ada yg bisa bantu ngga masalah tsbut? thanks before.

  27. layar laotop saya retak nih..bisa di ganti ga?dimana dan kira2 berapa harganya? mohon di jawab ke email uj_trisna@yahoo.co.id

  28. layar laptop gw merk HP gelap setengah knapa ya??????

  29. saya juga memiliki keluhan lab top saya mohon solusinya

  30. saya ada masalah dengan axioo saya, tipenya neon NVE series pas di install ulang modemnya gak terdetect gimana ya?

  31. IAMPROUDETOBEMOSLEEM

    Saya bermasalah dengan Axioo saya DVDnya Patah Bagaimana solusinya?

  32. laptopnya merk apa jeng?masalahnya dijelasin yg jelas donk,biar kita smua pada tau

  33. maksudnya laptopnya ika tuh merk apa yg dikeluhkan apa?biar kita smua tau,syukur bisa bantu

  34. Tolong Bantu Donkz..
    Laptop saya Toshiba Satellite L-310
    – Laptop saya Toshiba cepat panas kenapa euy, kalau saya pakai cooling pad apa tidak mempengaruhi kenerja laptop atau gangguan lain ?
    – sebelumnya saya menggunakan hotkeys ( FN + F5 )untuk menampilkan
    notebook + monitor(LCD), setelah saya install ulang, knp jadi tidak bisa menggunakan hotkeys,bagaimana settingan untuk menambahkan hotkeys tersebut. thanks .

  35. Numpang posting:
    Laptop toshiba tecra P.II bisa Di update Tidak ya…?
    Kalau bisa komponen apa saja yang harus saya ganti dan kira -kira biayanya berapa?

    Terima Kasih

  36. laptopku toshiba tecra s2 & satellite m-115 dua-duanya layarnya begaris, yang tecra s2 garis vertikal (kira2 5cm dari kiri), yang satelit garis horisontal (10 cm dari atas layar), gimana ngatasinya selain beli lcd baru ya ?

  37. Mohon Bantuannya Ndoro..
    Laptop Saya Macbook Air… baru pertama x pake..
    pas dirumah di nyalain kok nggak ada startnya ya ??!@#$
    Trus Waktu Pencet tombol Power dilayar muncul Gambar Apple
    ini beneran notebook ato bukan seh..

  38. Saya mempunyai laptop Toshiba Tecra M4 ( Tablet Edition), saya mempunyai masalah dengan displaynya yg tidak menyala ke LCDnya.., saya sudah coba beberapa kali memperbaikinya tapi nihil hasilnya. Saya coba memorinya tidak hasil.., kadang-kadang mau display juga selang 2 minggu tidak mau display lagi.., Bagi yang mengerti bantulah saya..sebelum saya ucapkan terima kasih. ( email saya : raider_ione@yahoo.com)

  39. saya punya laptop Acer 4315,masalahnya tampilan layarnya berwarna putih saat tekan tombol on pertama. masalahnya juga tidak selalu muncul (jarang). thank’s b4,,(email saya : iran.niphaz@gmail.com

  40. kasus saya sama dengan Saudara Iran, saya juga punya acer 4315 dan baru beli 2 bulan, sekarang kalau nyalain laptopnya layarnya sering cuma putih begitu saja, setelah beberapa kali swithc off dan swithc on baru keluar gambarnaya. email saya di leeroony@gmail.com

  41. sama nih ada problemo juga,, laptop toshiba satellite M-100 gak bisa nyala. kalo diturn on dvd drivenya muter, tapi hrd disknya gak mau ngangkat. kadang tiba2 dicoba bisa nyala, tapi seringnya gak bisa, dan kayaknya sekarang udah bener2 gak bisa.
    setaun yang lalu juga drop kaya gitu, tapi dibenerin di toshiba service center cz masih da garansi. katanya keping apanya gitu diganti (saya berasumsi kepingan/chip yang diganti itu berukuran kecil) dan diwanti2 supaya selanjutnya menjaga bagian bawah laptop jangan panas.
    nah skarang udah gak ada garansi, nanya ke servisan harco katanya motherboardnya kudu ganti karena sering make batre sampe abis banget (padahal perasaan gak sering kayak gitu, sewajarnya aja). masalahnya mobo itu seharga 2juta rupiah…mahal… saya pengen tau second opinion kalo bisa membantu, thanks a lot! email dazzled_023@yahoo.com

  42. muhammad febry hanief

    maap boss,

    numpang nanya,
    saya punya laptop merk acer,

    trus waktu saya selesai install ulang tu laptop pake xp2, pas di hidupin di monitor gk muncul2 iconnya.cursornya bisa grak tapi gak bisa nglik apa2.
    saya cba tanya teman katanya,saya harus end process dlu di process task meneger.

    cara ini memang bisa,klo laptopnya dimmatiin dan di ipupkan lagi, masalah yang sama muncl lagi.

    gmana donk solusinya,,

    bantu donk boss,

    kirim ja ke email saya
    el.andalucy@gmail.com

    tahnk

  43. sorry ngrepotiinnnnnnnnnn nech..!!!! numpang nanya dan sharing yach…???

    laptop saya Merk HP Tipenya DV2000 HP PAVILION PC,kenapa yang sebelum mati total lapotop saya auto restart sendiri pertama saya nyalain bisa…..trus auto restart yang kedua ga bisa nyala sampai sekarang kira2 ada gangguan di spart part atau di LCD nya yach..!!!

    laptopnya dua tahun yang lalu saya beli bukan di indonesia.sekarang mati total.kalau mau di bawa ke services center HP kena charge berapa yach masalahnya garansinya buka garansi indoensia

    oya tombol alt copot saat bersihin pakai vacum clenner jadi kesedot jadi lepas…..

    tolong yach yang pernah mengalami nasih yang sama dengan laptop saya

    sharing donk atau kirim ke email saya aj..!!1

    teima kasih atas jawabanya

    email:prianto@lge.com

  44. Mas, tolong saya. Saya fuadi. Saya pny masalah dgn laptop saya, laptop saya layarnya blank dan dsertai bunyi beep 3x wkt saya hdpkan. Lampu indikator power, hdd, dan batre idup tp tetap layar blank dan bunyi beep 3x. Saya udah coba to buka memory dan pasang lg tp blum jg bs hdp. Kata tkg service itu mainboardnya kena. Tp ga djelaskan apa masalahnya.
    Laptop saya HP Pavilion dv2000, seri dv2028tx. Mohon petunjuk.. Dr fuadi di NAD. Tlg di bls ke fuadynakatury@yahoo.Com

  45. http://laptoprusakdanmati.oggix.org/2008/11/28/laptop-rusak-dan-mati-total/
    coba cari disini, ato listin aja Pak, mudah mudahan ketemu spare partnya , thx

  46. saya punya laptop hp tipe compaq nx 9030. lcdnya ga kelihata
    alias gelap, kasusnya sama ky laptop temen mas. saya coba bongkar sndri (coba2 sok tahu), trus kesimpulan saya power buat baclightnya ga ada. kalau mau beli rangkaian bwt powernya dmana?. mohon bantuanya

  47. Hai teman seperjuangan,
    Banyak kali ya kerusakan laptop pada lcd, aq juga !, aq pakek Anote c-9435 sekarang white screen, dulu awalnya sich cuman berkedip2 doang, ternyata tu kabel lcdnya krg nancap ato putus gak tau?!, trus tak kasih ganjalan karet dikit OK, eh skrg malah putus total, N masalahnya aq gak brn bongkar lcd, apa ada tips dr tmn2 utk bongkar monitor soalnya tak liat gak ada scrupnya jd takup mo bongkar, bantuin dong! Ke achmad.jundan@danone.com

  48. Hai teman seperjuangan,
    Banyak kali ya kerusakan laptop pada lcd, aq juga !, aq pakek Anote c-9435 sekarang white screen, dulu awalnya sich cuman berkedip2 doang, ternyata tu kabel lcdnya krg nancap ato putus gak tau?!, trus tak kasih ganjalan karet dikit OK, eh skrg malah putus total, N masalahnya aq gak brn bongkar lcd, apa ada tips dr tmn2 utk bongkar monitor soalnya tak liat gak ada scrupnya jd takup mo bongkar, bantuin dong! Ke achmad.jundan@danone.com

  49. hlo teman..

    mo tanya juga, laptop sya toshiba m55-s3292, lcd mengalami masalah.. warna pecah muncul bayangan.. lalu warna2 putih seperti pada lembar kerja word menjadi biru langit
    mhn info dr temans..

    tx b4
    said.yusuf@gmail.com

  50. Dear,,all

    Mohon bantuan nya di forum uneck-uneck masalah laptop..kebetula laptop sya mati and kena air, wktu di psawat and ari di bgasi masuk ke tas sya and membasahi laptop saya, seketika tu laptop bebrbunyi persisi kayak sirine…usaha yg ak lakukan seketika tu juga mencopot baterai nya dan mengering kannya , tapi walhasil si laptop msech gak mau nyala..ada yg bsa bantu mas..

    Laptop MERK.acer TravelMat 290.

    atas perhatian dan bantuan nya saya ucap kan terima kasih.

    Man_ce

  51. buat sodara2 yang bermasah dengan tampilan layar yang putih pas dihidupkan saya punya sedikit solusi yang sedikit dapat membantu.
    labtop saya juga memiliki problem yang sama. ketika dihidupkan, yang muncul sering layar putih doang. sering juga muncul pas labtop udah panas.
    solusi dari saya, jika labtop masih dalam masa garansi, coba dicomplain dengan dealer/toko komputer yang menjual labtop itu.
    tapi klo udah ga garansi lagi coba deh baca pengalaman saya. saya pernah iseng membongkar labtop saya karena udah jengkel dengan masalah tadi. yang saya tau klo layar putih itu diakibatkan oleh kabel fleksibel. saya coba buka penutup pada bagian dekat speaker dan engsel LCD (untuk labtop acer). hati2 dalam melepasnya karena beberapa jenis labtop menggunakan baut.lepas baut terlebih dahulu.kemudian congkel bagian penutup hingga terlepas.engsel sebelah kiri terdapat kabel fleksibel.coba lepas kepala kabel (warna putih biasanya) tersebut. kemudian pasang kembali sekuat mungkin (maksudnya pas n ga goyang). hati2 dengan pemasangannya.kemudian coba dihidupkan labtopnya.
    klo belum jelas silahkan e-mail saya aja. saya akan coba bantu.
    semoga bermanfaat.

  52. salam kenal mas,,,
    saya punya laptop merk compaq presario seri m2000. sebelumnya laptop saya bisa dipakai normal. lalu saya shut down trus pas dikampus mau ngelanjutin ngerjain tugas tiba-tiba g mau nyala tapi lampu indikatornya nyala. saya sudah bawa ke t4 service katanya motherboardnya yang kena.
    yang mau saya tanyakan kira-kira bisa tidak motherboardnya diservice karena klo harus ganti motherboardnya cukup mahal untuk kantung mahasiswa spt saya. klo misalnya bisa, kira-kira tempat service yang ada di daerah jogja itu dimana?
    sebelumnya saya terima kasih.
    mohon balas lewat email saya saja ke dman_fisika@yahoo.com

  53. alo semua..laptop sy (acer) juga ada masalah,mati total,padahal gak ada masalah apa2 tadinya.apa yg rusak?thanks.

  54. salam kenal…
    buat sobat yang punya masalah dengan laptop, dan mencari sparepartnya susah atau mahal, bisa listing barangnya sini.. sapa tau ada user lain yang punya barang yang sama …
    thx
    http://laptoprusakdanmati.oggix.org/2008/11/28/laptop-rusak-dan-mati-total/

  55. Salam Kenal….
    bisa bantu masalah laptop saya ibm X22 nih bos…
    kemarin laptop saya standby sampai battery habis total, lalu saya charge tiba2 lampu mati,. eh terus waktu saya on laptopnya tidak mau on – minta on pake listrik, indicator battery 83% tapi tidak mau charging kenapa ya…battery masih baru kenapa gak mau charging

    by email juga ya bos
    thx

  56. Untuk om SMITH yang ngasih petunjuk cara benerin laptop ACER yang layarnya putih, tanggal 15 Des 2008. Minta nama asli dikau dan alamat email or HP dong.

    Mo minta tolong nih. Masalahnya sama persis. Sejak baru beli udah sering blank putih, dan baru beres kalo di switch on/off berulang-ulang sampe akhirnya system files corrupted dan harus di install ulang. Siklus ini terjadi berulang kali: layar selalu blank, on/off beberapa kali baru bisa, akhirnya system corrupted, install ulang. Wasting my time and energy. Mo dijual harganya cuma ditawar kurang dari setengahnya.

    Kalo om SMITH bisa bantu benerin, I’ll be forever thankful. Soalnya beli laptop (murahan) ACER itu aja perjuangan nabung berbulan-bulan, Kalo sekarang kudu dijual dg harga jatoh dan beli lagi…gubraks.

    Bener kata murid gw hehe…ACER = Amat CEpat Rusak.

    So please.. help!

  57. Mo tanya, laptop rusak gara2 pas lagi shutdown, laptop mlh gw tutup, kata orang itu jdinya switch user. Gmn y cr perbaikinnya? Mohon bantuan!

  58. mo tanya juga, ada yang tau tempat download driver laptop untuk fujitsu seri FMV BIBLO MG50K. sapa tau ada yang punya laptop serupa ato mirip. makasih…

  59. Mo tanya…..notebook saya toshiba L30. problemnya : kalo dihidupin selang beberapa detik langsung mati trus hidup lagi trus mati lagi begitu terus berulang-2(belum masuk ke BIOS). ga ada suara bip atau apapun. dah saya coba bersihin ram nya ttp sama saja. bahkan saya coba hidupin tanpa hard disk msh ttp sama saja…tolong kasih saya saran gmn cara memperbaikinya??

    thanks b4.

  60. Dear Boss,…
    mo nnya ne…problem note book saya sama dengan kbanyakan temen2,…Merek Acer, pas di hidupin sering layarnya blank jadi putih, trus lo udah panas juga sering blank juga layarnya……jadi mesti di stand by dulu baru dihidupkan lagi,.tolong info cara memperbaikinya….

    tks boss…

  61. mas..laptopku toshiba L300..terdapat garis vertikal warna kuning di layar..solusi hilangkan garis itu gimana yaa?dah bingung niii..pada hal laptopnya baru di beli 2 bulan yg lalu..
    please help me..

  62. mas….salam kenal…saya randi. saya punya masalah sama kabel fleksibel laptop…ternyata setelah dibongkar,ada beberapa kabel fleksi yang putus..

    apa kabel fleksi(lcd)tersebut ada yang menjualnya?

    soalnya ga mungkin saya solder sendiri, kabelnya terlalu kecil….mohon dijawab ke e-mail saya

    terima kasih atas jawabannya…saya tunggu…

    Laptop :
    Hitachi Flora 240
    Intel Pentium 3
    ram 128mb
    vga integrate 8mb

    (gambar contoh kabel flexi telah saya upLoad ke Friendster, silakan dibuka dengan menggunakan nama email saya)

  63. yah…….. ni q punya laptop, beberapa hari lalu aq masih bisa main2 dengan laptopnya……
    nah….. aku charge laptopnya dalam posisi standby… aq tinggal main…………. e… waktu aq buka kok tampilannya negatif….. kirain OS’nya yg rusak…. tapi setelah q restore tetep g’brubah….. n baru q sadari… emang sejak booting
    tampilannya negatif…………. ni masalahnya bagian apa ya????
    thank……………s

  64. salam kenal
    aku mau tanya nih gmna caranya meng hemat batre leptop?
    maksudnya kalau leptop itu lagi pake listrik, dan batrenya masih dalam leptop, gimana caranya supaya batre non aktif ketika leptop itu nyala pake listrik dan batre aktip ketika mati lampu saja?….

    ditunggu jawabannya yah……

    terima kasih…..

  65. everybody….help….mau ganti LCD satellite L30 toshiba….kemana ya? ada yang bisa bantu? please email ke dollycosmic@yahoo.com

    terimakasih

  66. salam kenal mas. mintak tolong ni mas, leptop saya ibm t42,
    kerusakan pada leptop saya adalah awalnya bisa nyala kadang2 gak bisa nyala,tapi sekarang ngak bisa nyala sama sekali truss pada waktu di hidupin lampu detektor ON nya nyala sama kipas samping, tolong bantu saya mas?…tolong,,,mas tolongmas ya?….kira2 masalah nya ada dimana ya mas?
    tolong di email mas jawabanya ke lovestar_ary@yahoo.com

    terima kasih mass sebelum dan sesudahnya!!

  67. salam knal. mas krn ada mslh dgn laptop tmenku. laptopnya konslet krena kbocoran air ujan dari atap. ada solusi ga?laptopnya acer travelmate 3230

  68. Apparently some series of Acer notebook came with BAD_EDID laptop display. The only thing wrong is the checksum which is 9D and should be 1D. Powerstrip 3.76 (registered version) managed automatically to correct EDID. (cari di Mbah google yah..)

    There is no problem with drivers from 101.x series, but with any newer driver max. resolution is 1024×768 and the picture is in left upper corner of the screen with black bar on the right and smudged taskbar to the bottom of the screen. After installing and restarting resolution is set to 800×600 what results in white screen whit thick black bar slowly appearing on the screen.

    I hope this will save someone some time, because I was about to send laptop to service when I figured that out. Contacting through e-mails and phones with acer and local authorized service didn’t solve anything they just said that I should reset laptop to factory defaults, in other words don’t install any new driver and everything will be fine.

    Just thinking about future
    dPrince Of Smart
    berjalan di bumikupijak

  69. ini forum gak ada yang jawab, semuanya nanya semua ..mana nih moderatornya?