Tips-Trik Ngeblog (Do-blog) di WordPress.com tuk Pemula

Buat kita yang awam dan terkendala bahasa untuk “do-blog” dengan wordpress.com, sebaiknya kita berbagi agar pengetahuan se-titik yg kita tahu bisa bermanfaat buat rekan lain yg sedang “do-blog”.

Buat Anda yg pemula banget dan pingin punya blog sendiri, barusan (21 Oktober 2006 pukul 3:22 PM) ndapetin Tutorial Bikin Blog di WordPress.com diperuntukkan buat siapa saja yg baru kenal dengan wordpress.com. Siapa saja bisa download dari sumbernya langsung dengan klik di sini. Jika pada link tadi gagal mendownload/membukanya alternatifnya bisa mendownloadnya di sini.

Lebih lanjut dari tutorial tersebut, saya tambahkan catatan kecil yg saya buat sesuai dengan pengalaman.

  1. Postingan yang kelewat panjang sebaiknya di putus, tidak perlu ditampilkan semua. Caranya tempatkan kursor pada bagian kalimat yg ingin diputus lalu tekan Alt+T atawa klik tool bar Rich Text Editor dengan gambar kertas terpotong (kali yah) .

  2. Jika ingin mengganti kata-kata pemutus standar, pindah mode dari mode editor ke mode html trus cari tulisan <!–more–> (tanda lebih kecil, tanda seru, 2 garis datar, MORE, 2 garis datar, tanda lebih besar) lalu sisipkan kata-kata yg kita kehendaki, misalnya menjadi <!–more …baca lebih lanjut–> maka pada bagian pemutus nantinya akan muncul tulisan “…baca lebih lanjut”.

  3. Pakai shortcut key juga bisa, kalo pingin tahu pindahkan pointer mos di atas toolbar Rich Text Editor. Tapi bagi yg suka tulisan rata kiri-kanan (justify) pakai shortcut Alt+J karena ini tidak tersedia di toolbar secara langsung.

  4. Untuk memunculkan/menyembunyikan Advanced Toolbar pada Rich Text Editor (pemformatan, pewarnaan font, insert karakter khusus, undo-redo, dll) tekan Alt+V.

  5. Alt+E untuk switch antara mode editor dan mode html.
  6. Jika browser yg kita pakai adalah FIREFOx 2.0 biasanya semua fungsi ALT+… gak berfungsi, maka kombinasi aja dengan Shift menjadi Shift+Alt+…
  7. Shift+Enter untuk menyisipkan baris pemutus dalam paragraph.
  8. Tampilan blog sepenuhnya ditentukan oleh theme yg kita pilih. Dari Menu Presentation terdapat sub menu yg ada tergantung dari masing-masing theme yg tersedia. Theme-theme itu ada yg bisa di kostumasi dan ada yg tidak. Untuk review themes2 itu bisa dilihat di sini. Beberapa yg bisa seperti yg saya pakai ini, kita bisa mengganti image header (biasanya ukurannya 730 x 140 pixel) dengan buatan sendiri.

    Kemudian yg kedua adalah submenu Sidebar Widgets, disini kita bisa banyak melakukan kustomasi. Dengan drag and drop widgets bisa dipindahkan ke dalam sidebar kemudian menatanya sesuai kehendak kita.

    Selanjutnya tinggal mengkonfigurasinya dengan klik bagian kanan dari widgets, mengisikan hal2 yg diperlukan. Widgets setiap theme bisa berbeda-beda. Kita juga bisa mengkostumasi TEXT widgets sepenuhnya dengan kata2 atau tag html yg bisa diterima WP.com termasuk membuat link. Widgets yg tersedia maksimal 10 hanya tidak ditampakkan, kita bisa menambahkannya dengan mengisi list pada bagian bawah TEXT WIDGETS. Demikian juga untuk RSS Feed Widgets.

  9. Untuk upload file (misalnya: jpg, jpeg, png, gif, pdf, doc, ppt) masuk ke dashboad, atau bisa langsung klik new post. Lihat bagian bawah rich text editor ada tempat untuk upload file. Klik browse untuk mencari file yg akan di upload dari komputer kita. Isi judul/title dari file yg akan diupload. kalao perlu isikan deskripsi/keterangannya. Langkah berikutnya klik Upload yg ada di bagian kanan bawah deskripsi.
    Pastikan anda menjumpai submenu berikutnya, biasanya masuk ke sub menu cari di bagian upload tadi (ini saya contohkan upload file *.doc). Nah coba tempatkan pointer mouse di atas nama file yg di-upload tadi, klik kanan dan copy linknya. Itulah letak file upload-an tadi. Selanjutnya untuk mengaksesnya bisa dibuatkan link di bagian postingan atau di halaman lain atau di text widgets. Terus anda masih diberi tawaran radio button untuk memilih model link file/page/none dan bisa diedit lagi file tersebut.
    Untuk cara upload file gambar bisa dilihat di sini, di faq-nya WP.com

  10. Bila diperlukan kita bisa back-up blog kita, ini untuk antisipasi kalo suatu saat ada masalah dengan wordpress.com. Caranya pakai aja software websitecopier salah satunya seperti WinHTTrack~Graties. Kalau belum punya WinHTTrack bisa download dari sini, untuk under linux downloadnya di sini. Cara pakainya simple aja kok, baca aja di help-nya. 🙂

  11. Ditambahin dong… saya cuma tahu itu, masukin di commnet ntar ku edit untuk di kumpulin dipostingan ini. Trus kalo ada yg salah atau kurang …diperbaikin yah gimana benernya.


160 responses

  1. Wah.. mbantu banget … matur nuwun. 🙂

  2. 🙂 podo-podo kang dhitos… Yah itu karena sebelumnya juga saya banyak ndapetin kesulitan, jadi sekalian aja beberapa pengalaman yg didapat dari temen ditulis aja. Kalo ada yg lain bisa ditambah nih. silahkan-silahkan

  3. weks…

    oh ya mungkin ini bisa bantu banget…

    How to: Blog from Windows Live Writer

    thanks

  4. Makasih juga dah sudi mampir…
    Lah sama tuh postingan saya yg tgl 11 marin udah ada juga.

  5. terima kasih sudah mau meletakkan tulisan Nge-Blog Yuk, meskipun tulisan itu belum begitu baik, tapi semoga bisa meberikan manfaat bagi siapa saja yang ingin membuat blog.
    bikin blog itu mudah yang sulit itu menjaganya untuk tetap terisi dengan tulisan, sebagai ujud kegelisahan diri untuk selalu ikut dalam segala peristiwa. tulisan adalah bukti bahwa kita hidup.
    terimakasih
    http:/davitkurniawan.web.id

  6. Nambahin tips, Bikin RSS sendiri dan share it!

    1. Bikin account di del.icio.us
    2. Bookmark link-link yang anda pikir menarik untuk dibagi
    3. Supaya proses bookmark praktis, install extension del.icio.us complete di Firefox anda.
    4. Bikin tag khusus untuk berbagi.
    5. Masukan RSS dari tag tersebut ke Widget wordpress

    Contohnya hasilnya bisa anda lihat di blog saya.

  7. bagus. aku ngiri lho.

  8. Wah kalo gitu selamat datang di dunia per-do-blog-an pak, semoga dengan beberapa catatan kecil itu bisa membantu mengawali kegiatan tulis-menulis berbagai hal yg mungkin agak ber-BAU SAMPAH. Karena siapa yg mau perduli dengan tulisan di Blog. Wong di demo saja kadang pihak2 tertentu tidak perduli…. pokoknya kita tumpahkan saja di blog.

  9. mas kasih tahu donk caranya membuat kink seperti disamping blog disini.karena di blog saya belum ada.tolong kasih tau caranya ya mas!aq tuggu.

  10. @ pangsit
    Ok sama2, Itu… caranya pakai sidebar widgets, Coba klik mydashboard, >> presentasi >> sub menu sidebar widgets (Jangan lupa login dulu). Nah disitu kita bisa atur link2 yg seperti disamping ini. Tinggal edit sendiri drug n drop kotak2 dibagian bawahnya (Available widgets) ke bagian sidebar itu.

    Untuk mengedit isi widgets setelah diletakkan dalam sidebar silahkan klik kotak kecil bagian kanan dari widgets yg telah diletakkan dalam sidebar itu.

    Ok cukup nanti kalau kurang jelas bisa dilanjut.

  11. makasih ya atas tipsnya, eh nanya kalo ngedaftarin supaya blog kita masuk di search engine gmana.

  12. @ Anak menteng
    Kalo ngeblog kita di wordpress.com jangan kuatir dan gak usah repot… otomatis kok, asal tag2 yg kita buat jelas. Tapi emang tidak seketika paling tidak setelah 1 mingguan-lah, tergantung keunikan isi blog itu sendiri. Semakin unik semakin cepat terdeteksi oleh search engine.

  13. mas caranya ngisi kategori gimana mas?

  14. @pangsit
    Coba download atau baca cara ngeblog di http://davidlama.wordpress.com/files/2006/09/nge-blog-yuk.pdf
    di situ cukup jelas cara2-nya.

  15. mas mau tanya caranya membuat halaman baru untuk link tertentu g mn ya mas?

  16. @ pangsit
    den pangsit seperti saya dulu, mesti belajar html dulu nih… sebab kalau bisa html akan banyak bisa melakukan sesuatu. ada link bagus buat belajar html berbahasa iindonesia pula http://www.freewebs.com/buatsite/ yg lain juga ada bisa di cari dengan google.

  17. mas kalo mau ngeletakin banner kayak indonesia blog, kampung blog atau yang lainnya pokoknya banner kecil2 itu gmana, kemarin kau dah coba2 kayaknya harus pakai css. lha script css nya itu diletakkan dmana? thanks ya?
    hidup blogger indonesia.

  18. @ khuclukz
    Oh yang itu seperti gak perlu pakai css kok. cukup html biasa.
    Kalau sudah daftar di blog indonesia atau yg lain tinggal kopi paste script htmlnya setelah di-generate,
    masuk-nya di sidebar widgets. Letakkan dalam text widgets saja. drug and drop saja ke dalam side bar kemudian tempel deh disana? begitu kira-kira.

    Yup hidup pengecring indonesia.

  19. […] Blog telah siap diisi dengan segala hal tentang apa saja… Kalau lebih lanjut bisa baca di sini […]

  20. Terimakasih..terimakasih…ya buat mas urip yg udah membuka hati saya untuk mulai bikin blog, juga buat semua2 yg dah posting ke sini dengan informasi yang berguna mudah2an Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberikan balasan karunia dan barokah yang berlipat ganda. Amin.

  21. >>eswee
    sama-sama….eswee guru juga?

  22. terimakasih sebelmnya, saya sudah coba, di text widges kan ada pilihan berapa text yang akan di tampilkan di site bar. setelah saya pilih dan saya klik kok ndak muncul semacam edit text. lha cara copy pastenya gmana ya?
    maksih lo mas, sorry ngerepotin. maklum pengecring baru
    ha…. *_^

  23. Pak bekap itu bisa pake fungsi eksport di dashboard kan? Saya baru coba eksport. dapet file berekstensi xml segede 1.4mb. Blom coba di import sih. Kayaknya lebih praktis. Sekalian sama komen2nya terbekap.

  24. >> wadehel
    Oh gitu yah… makasih infonya ukurannya kok kecil yah. terus buka-nya pakai apa yah? kalau saya backup pakai winhttrack filenya sampai 9 MB punya saya dan bisa dibaca dengan enak secara offline.

  25. ko masih belum bisa ya? nempel banner kayak (bloger Indonesia dll) katanya mas khan hanya tempel saja dengan meng copy script di sidebar widgets. tapi kok ndak bisa mungkin aku yang salah atau gmana? maksih ya atas petunjuknya lagi…

  26. >> khuclukz
    coba kode yg didapat itu (dari blog indonesia) di kopi, terus drug and drop satu text widget ke sidebar, trus konfigurasi text widget itu hingga muncul jendela kecil, nah di situ tempel (paste) kode dari blog indonesia itu.

  27. oh, gini toh?
    makasih tutorialnya, mas guru.

  28. drag & drop :9

    bulan februari nanti, mau pindah ke wordpress.com!

    Helgeduelbek: Ini dalam persiapan migrasi yah?

  29. Heran! Posting sepenting ini kok terlewat mata saya ya?
    Makasih Pak Guru kami…

    Helgeduelbek: sama-sama 🙂 halah pian sudah lihai lok?

  30. wah… makasih pak Guru…

    akhirnya saya bisa menggunakan fasilitas di point ke-2 🙂

    Helgeduelbek: Sama-sama om. yang bener saja ah 🙂

  31. Wah maturnuwun pak Urip, membantu sekali cuman saya bingung sekarang mau nulis cursornya ga mau pindah dari judul ke halaman tulisan atau edito itu…walah kenapa ya… memang WP ini buat yg lihai2…kalau gaptek spt saya..kurang user friendly, musti di baca alon2

  32. Mungkin ada masalah di komputer sampean kali, Justu wordpress paling gampang, hanya perlu adaptaasi sesaat. Kalau ada masalah dan punya modal bahasa inggris yang cukup lebih baik diskusi di forum wordpress, sebab cepat ditanggapi.

  33. Iya bener pak, komputer saya ngehang, kemringet capek kali… wah blog saya sudah berbunga terimakasih petunjuk milih tampilannya, cuman sy belum bisa masang widget yg blogroll padahal udah di tulis ga keluar2… nge-hang lagi mungkin…

  34. Luar biasa…blog-nya komplit plit deh..
    kebetulan aku lagi belajar cara pake worpress nih, thanx banget ya..
    aku akan sering mampir and ngebolak-balik halaman di blog ini ya pak Guru..

    Rgds,
    Sny

    ” 🙂 Menurut saya sih komplit tidak juga, ini hanya pengalaman dan keinginan saja. Mari belajar bersama, berbagi pengalaman.”

  35. bah..saya baru tahu ada postingan ini
    kelewat keterlaluan saya
    tengkyuuu pak guru ;p

  36. kalau situs http://www.indoasiateknologi.com mau ditambah rss gimana caranya 🙂 ini bukan blog tapi pengen aja nambahin fitur rss supaya update-an berita2 bisa tampil di http://www.indoasiateknologi.com 🙂
    tolong balas ke email yach 🙂 PHILIPS@INDOASIATEKNOLOGI.COM

    “Silahkan yang bisa bantu memberi jawaban silahkan saja langsung dijawab, sekalian untuk kita ngerti caranya”

  37. wah ..lengkap banget tutorialnya, aku lagi belajar juga nih… trim’s ya .. atas ilmunya,,, juga trim buat google yang telah mendapatkan titor ini….

  38. Btw pak Helge, dulu sering saya lihat di blog itu ada ‘Shout Box’nya yg bisa bergerak (vertikal) -entah sekarang masih populer or gak, itu bikinnya gimana yah apa ada scriptnya, di wordpress ngedukung gak???

    “Benar di wordpress.com tidak diijinkan lagi menggunakan shoutbox untuk tampil penuh”

  39. Pak Guru . Bantu dong saya, supaya blog saya ikut bergabung pada blog Pak guru ini. Biar tulisan saya juga ikut tampil, atau pada blok lain yang sering dikunjungi orang. Sudah saya coba-coba ingin bergabung pada blog ini tapi ngak bisa, akhirnya saya menyerah. Bantu ya Pak Guru ?? wannefjambak.wrodpress.com

    “Hehehe maaf pak saya belum sempat menambahkan ke blogroll, tapi sekarang sudah kok.”

  40. Makasih banget atas pemelajarannya…
    Salam kenal ya Pak Guru

  41. KENAPA DA ADA YANG NULIS TIPS BUAT BLOGSPOOTTT….

    Whuuaaa…

  42. Bikin blog yang lebih hidup, dengan pilihan warna yang lebih bagus gimana?

    –YAKUS@–

  43. @ Suluh: Ok salam kenal balik.
    @ Manusia Super: Ada kok saya pernah lihat, lupa liknya tapi. Saya juga pingin bisa ngoprek di blogspot.
    @ Yakus@: Yang seperti apa yah?, kalau di wordpress tampilannya ya apa adanya sesuai theme yang disediakan, gak bisa di otak-atik lagi

  44. terimakasih mas urip. siiip tenan

  45. Salam kenal utk om Urip
    boleh dong lain kali gw tanya2, sory om baru belajar tolong dibantu ya lain kali. thanks

  46. @ Abudiarso: Yup senang dapat kenalan baru. Ok silahkan saja sebisa saya saja yah…

  47. aku senang bergabung di “WORDPRESSSSSSS” karena aku bisa mengetahui soal unas smp 2006/2007 biar aku lulus unas tahun pelajaran 2006/2007

    THANKS

  48. Tulisan yang sangat membantu sekali. Saya jadi keranjingan nulis, karena masalah-masalah yang di temui bisa langsung dapet cara penyelesaiannya. Matur nuwun kang..!

  49. Numpang nge-link ya kang….?
    Ini link-nya orang baru belajar nge goblok :http;//Susilo90.wordpress.com matur nuwun.

  50. Ok monggo mas Purwadi, tidak perlu minta ijinlah. Nanti saya link balik. Ini saya sambi ngajar TIK jadi belum sempat link balik temen yang sudah ngelink juga.

  51. abdurrahmanmoslem

    Makasih ya tips-tipsnya…

  52. om,
    mau nanya nih.. 😀

    aku udah download beberapa themes wordpress tp gimana cara uploadnya yaa…??

    ada yg bilang katanya aku harus bikin tempat hostingan dl (ini udah saya lakukan dan file2 themes td udah saya upload di tempat hostingan saya), nah terus cara makenya di wordpress gimana..??

    mohon bantuannya..!!

    trims.

  53. Themes seperti itu hanya bisa diterapkan kalau sampean memakai engine wordpress yang dot org itu. Kalau untuk wordpress dot com yah gak bisa diapa-apain, kita hanya bisa makai themes yang disediakan di Presentation pada panel admin wordpress.com saja.

  54. Thanks berat pak guru.. cukup mbantu saya dalam buat blog di wordpress. kbtulan baru daftar. kebetulan saya juga guru bagaimana agar bisa nge-link dengan blog sesama guru?…. thanks

    choby

  55. Salam satu jiwa dari Aghis buat semua
    Kami dari
    CIVITAS AKDEMI FARMASI
    ANALIS FARMASI DAN MAKANAN
    PUTRA INDONESIA MALANG
    JL BARITO 05 Malang Jawa Timur
    TLP 0341 491132 FAX 485411
    http://www.putraindonesia.com.
    Salam kenal buat semua kami mau ngadain wisata lab gratis cuman kirim surat ke kami n email ke kami akan kami balas dan pasti kami terima N mau ngadakan kerja sama penelitian n Is ok kami juga ada TRY OUT GRATIS N WISATA LAB ada konsumsi juga enak pokoknya bagi Kelas 12 SMU yang berminat cal kami secepatnya sebelum Jum’at 30 Maret 2007 tempat terbatas Hubungi Faried Agung, Mughis, Diah Humas YPI maksih n salam to putra- putri indonesia

  56. Thanks banget buat tutorial bikin blog di wordpress, Mas!

    Dedy

  57. wew…
    makasih…makasih….
    sebenarnya saya bikin blog disini udah lumayan lama, tapi baru paham spenggunaannya setelah baca tutorial ini…

    thanks bro

  58. blogger baru nih,sebelumnya makasih banyak atas infonya mas
    klo boleh tau widget2 spt del ico us itu apa aja fungsinya
    apa bisa buat nampilin jam, thanks,

  59. makasih banget bang,bisa nambah ilmu neh

  60. Apa bisa bantu bagaimana cara nampilin subpages di page pada wordpress.com.

    Maksudnya saya punya 3 pages dan tiap tiap page terdiri atas 2 subpages. Jadi jika page pertama di klik maka daftar subpagesnya akan tampil di halaman page tersebut.

    Thanks sebelumnya

  61. “Tidak Ada Perubahan Bila Anda Tidak Melakukan Sesuatu”.

    Kata-kata BIJAK ini begitu kita kenal dan begitu sangat memberikan kita SEMANGAT UNTUK MENIKMATI HIDUP INI. Ya, Kita tak akan bisa merubah nasib kita sendiri bila tidak ada sesuatu yang kita lakukan. Bila kita sudah memulai, maka segala sesuatunya akan begitu mudah.

    Banyak peluang di dalam hidup ini. Cuma Anda sadar atau tidak, Anda mengambilnya atau tidak. Nah, inilah kesempatan yang Anda tunggu-tunggu selama ini. LUANGKAN WAKTU UNTUK MENGUBAH KEHIDUPAN FINANSIAL ANDA. Kunjungi : http://www.mobiz.cjb.net

  62. tahajudcall1027fm

    Assalamu’alaikum

    Pak guru mau tanya
    Gimana sih cara masukin kalender hijriah plus waktu shalat ke page awal?
    Softwarenya sih udah di download, tapi masukinnya gimana yah?

    Terima kasih

  63. Om………..
    Gimana caranya klo nyimpen file bentuk ZIP di wordpress ???

    Terimakasih banyak,

  64. Salam kenal pak Guru!
    Blognya sangat membantu 🙂
    Tetep menulis!
    http://www.byotenega.com

  65. Kang Mas . . . . . . ,

    Klo mau nyimpen file .pdf atau Zip di blog bisa gak yah ??? gimana caranya ???
    atau klo nyimpen file Zip nya di tempat lain, buat ntar di download gmn caranya yah ? dimana tempat nyimpen nya ???

    Terimakasih,

  66. bagaimana caranya berkenalan dimana saja

    Mungkin anda tahu..cara yg umum seperti ini
    a: hai..boleh kenalan ga..??
    atau eh kamu cantik dech..nama mu siapa??

    jangan sekali-kali memulai percakapan dgn seperti itu, karena dia akan bt dan bosan mendengarnya.
    apalagi wanita cantik sudah sering mendengar itu.

    lalu bagaimana caranya yg tepat..
    jawabannya tidak bisa dibeberkan disini.
    dapatkan juga cara melamar kerja
    klik saja http://www.sangatpenting.com

    semoga berguna

  67. Saya seorang guru dan kartunis. Lagi belajar ngeblog. Jadi masih ndeso

  68. mantap juga, saya baru juga di dunia blog, masih banyak belajar, tulisan anda sangat bagus sebagai referensi bagi saya, thanks berat…

  69. Lam kenal mas urip, oke bgt deh blognya. Saya mau tanya nih…kalo mau verifikasi di google kok ga bisa ya..padahal situs saya biar terdaftar di google. Katanya pake metaname aplah gitu saya bingung ga tahu..tolong bisa di jawab ya..thanks

  70. […] pengelolaannya dibandingkan website. Bahkan untuk di wordpress.com jika belum berpengalaman dapat membaca cara nge-blog. Ini mudah untuk diikuti. Dengan adanya software blog editor yang bisa dipakai secara offline maka […]

  71. Makasaih buannyyyyaaak atas infonya

  72. tambahin donk triknya, caranya tampilin gambar gimana sih

  73. Bagaimana sih nampilin komentar terakhir secara langsung terlihat di blog kita. Trus caranya nampilin google search di blog kita gimana mas, kasih tau donk?

  74. […] pengelolaannya dibandingkan website. Bahkan untuk di wordpress.com jika belum berpengalaman dapat membaca cara nge-blog. Ini mudah untuk diikuti. Dengan adanya software blog editor yang bisa dipakai secara offline maka […]

  75. Mas Urip saya ingin juga mencurahkan pengalaman meskipun tidak menjadi guru kepada bangsa ini, tantowi77.wordpress.com adalah free web untuk Informasi antena Parabola Digital dan software DVB. Bagaimana sih mas cara upload file ZIP terima kasih.

  76. Assalamualaikum pak, mo nanya ni pak, kalo mau posting via email di wp, bisa gak ya pak?. Seperti di blogspot, posting bisa lewat email. Soalnya kalau mau upload gambar gak bisa. Saya ngeblog cuma b’modal hp pak, makasih bantuanya pak, baru belajar nih.Wassalam

  77. […] pengelolaannya dibandingkan website. Bahkan untuk di wordpress.com jika belum berpengalaman dapat membaca cara nge-blog. Ini mudah untuk diikuti. Dengan adanya software blog editor yang bisa dipakai secara offline maka […]

  78. Kang, aku baru aja ngeblog alias masih ijo. Bisa nggak minta tolong bagaimana cara membagi/membuat folder di blog supaya akau bisa mengelompokkan tulisan berdasarkan ketegorinya. dan bagaimana cara menempatkan HIT COUNTer (Gratisan) di blog. Maksudnya, aku pingin tahu blogku dikunjungi orang ato kagak.Trim bantuannya

  79. Thanks ya pak yah nambaj nambah pengetahuan

  80. terima kasih atas informasinya. karena sayabsangat ingin membuat blog, tetapi sulit mencari tutorialnya atau pun petunjuknya. semoga dengan memperoleh tip & trik ini saya bisa membuat blog sendiri untuk mempublikasikan kepada khalayak umum. terima kasih.

  81. Mas klo mo upload theme dari cpanel hosting gimana caranya ya? Ajarin dong. Mo ganti themenya nich. Thx

  82. klo supaya postingan rata kiri kanan gimna?

  83. gampangan mana c… bljar wordpress dulu di installan komputer ato blajar langsug online?(klu online trus tp ga bisa2 kan mahal.heheheee
    makasih yaa…
    kasih info donk pa, baru blajar nih
    bisa ganti pke thema sendiri ga kalu Qta punya desainnya? mtur nuwun ya pa guru
    lam kenal

  84. […] pikiran mau nulis apa… Kalau alasan tidak tahu caranya, di blog ini sudah saya sediakan link panduan nge-blog (pakai WP.com). Saya bisa nge-blog juga karena ada kesempatan akses yg disediakan sekolah, dan saya mencoba tidak […]

  85. […] pengelolaannya dibandingkan website. Bahkan untuk di wordpress.com jika belum berpengalaman dapat membaca cara nge-blog. Ini mudah untuk diikuti. Dengan adanya software blog editor yang bisa dipakai secara offline maka […]

  86. […] sudah menemukan apa yang dicari dalam sebuah blog yang memberikan tutorial dalam membuat potongan posting. Hehehe. Jadi tambah semangat ngetiknya. Namun kadang besar pasak daripada tiang. Otak mulai […]

  87. […] pengelolaannya dibandingkan website. Bahkan untuk di wordpress.com jika belum berpengalaman dapat membaca cara nge-blog. Ini mudah untuk diikuti. Dengan adanya software blog editor yang bisa dipakai secara offline maka […]

  88. Ngganti ukuran huruf (teks) nama blog kita di header gimana? Saya baru 3 hari belajar nge-blog. Please tulungin..
    😛

  89. thank’s bgt info nya..,
    salam suksès

  90. Ada yang tahu cara konfigurasi windows live writer agar bisa upload image ke bloger ???
    sementara ini saya cuma bisa publis postingan di bergambar di WLW ke account saya yg di live.spaces

  91. hari gini baru belajar ngeblog..,,? itu kata anak muda
    tapi bagi orang yang udah ga muda lagi (blom tua lho) belajar bisa kapan aja.

    matur kasih, terima nuwun >..<

  92. Makasih Banyak MR. Urip, tulisannya sgt membantu saya si blogger pemula ini ^_^

  93. bisa kirimin tutorialnya ke e-mail gw plis coz gw butuh bgt tu bwat ngedisain blog gw maklum baru bikin blog pi gak ngerti ngerubah2 nya ni e-mail nya: mamo_coy@yahoo.co.id makaqsih banyak………

  94. makasih ya mas ilmunya 😛 akhirnya saya bisa memakai kata pemutus standard setelah sekian lamanya 🙂

    once again thank you sir 😎

  95. mas tolongin ya gimana caranya bikin gambar di atas blog itu? kyak gambar kelapa di atas yang mas punya ituloh.maklum baru beljr ngeblog .hee…heee

  96. mas “do-blog” itu artinya do-blong apa go-blog. makasih infonya.

  97. eh, aku ucapin terimakasih atas ilmunya , moga Allah membalasnya

  98. saya baru belajar nge-blog nih mas. membaca tulisan mas tentu banyak membantu. namanya baru belajar tentu banyak kendalanya. kasih terus tips-nya mas. jangan bosan!

  99. bos,tunjukin dunk aku cara memasukan file kayak MP3 ke Blog aku supaya yang lain bisa mendownload gitu.sebelumnya thank

  100. Thank
    jadi tambah semangat

  101. mbak/mas hehehe… wordpressnya pasangi iklan biar dapat duit aku liat di search engine blog saudara lumayan teratas , ni link program bisnis yang menyediakan iklan dan kita dapat bayaran
    http://www.kumpulblogger.com sekarang wordpress juga bisa bergabung , dulu hanya blogger

  102. […] pengelolaannya dibandingkan website. Bahkan untuk di wordpress.com jika belum berpengalaman dapat membaca cara nge-blog. Ini mudah untuk diikuti. Dengan adanya software blog editor yang bisa dipakai secara offline maka […]

  103. Terimakasih banyak pak sangaat bermanfaat bagi saya.

    Salam

    _Rangga_

  104. mas…
    kalo mau kasih situs di posting ato kasih situs di balik foto, gimana mas..???

    tolong kasih infonya ke
    blog saya..::
    emge1502.wordpress.com
    ato ke email saya..
    syafi_1502@yahoo.com

    trim’s

  105. btw kLo nggaNti tULisan “read more” ato “Read the rest of this entry” n sjenisnya tUh gmNA mz..???
    bLz d bLogq yahh,, skaLian nGramein…

  106. mas gmana cara bikin gambar yang kaya disamping
    sebelah kanan?
    kasih tau ya,,,

  107. Mas..
    Makasih atas tips ma triknya..
    sangat berguna bagi para pemula, yah seperti saya ini..

    Danis

  108. pak guru thx triknya, tolong blog saya masukin ke blogroll dong. http://www.giftaanakku.wordpress.com. thx

  109. thx. infonya sungguh sangat membantu buat aku sebagai pemula

  110. […] Tips-Trik Ngeblog (Do-blog) di WordPress.com tuk Pemula […]

  111. Alooha mas…saya baru ngeblog neh…mo minta tau
    gimana cara biar sy bisa masukin link blog orang lain begitu pula sebaliknya….terus blog sy biar bisa dikomentari bagaimana…thq b4

  112. luarbiasa, sangat lengkap…. saya masih baru nih ngblog…

  113. btw, rss itu apa sih

  114. ,,Wah…..
    ,,Membantu bgt nih artikelnya…..
    ,,Aquwh soalnya bru blajar bwt blog…
    ,,Thank’s iy……

  115. Misi mas, mau tanya pertanyaan basic donk..
    1.cara tampilin gmbr kebun kelapa kya diatas gimana?
    2.tips supaya masuk ke search engine om google?
    3.bisa ga blog wordpress, menghasilkan income u/ kita?
    Maaf ya mas bnyk nanya cos newby nih bikin blog.. ^_~ thks sebelumnya,,

  116. tadi pdfnya saya sedot dulu tuh mas…

    saya baru belajar dengan wordpress mohon bimbingannya..

    kalo ada waktu berkunjung ke blog saya yang masih bau kencur mas..

    dana saran dan ktikiknya saya tunggu ya mas… thanks

  117. bagus ngebantu bangetttt

  118. nOtting for me tOUchi

    cara edit nama halaman awal gimana?
    aku liat2 kok nggak ada option nya ya?
    apa ndak bisa di ganti ni nama?
    (awal)

  119. TQ, berkat blognya mas sy isa wat blo ndiri…

    smg sukses trus yaw…

  120. keren..
    sangat membantu…
    posting lagi semua tips dan triknya, plis..
    saya masih pemula…

  121. Referensi boleh…..salam kenal ya…

  122. om caranya buat menu horizontal di atas gimana ya?
    yang ada home dll??
    makasi..

  123. waduuuh walao telat gpp ya oom ikutan nimbrung nih
    mari kita berterimakasih pada teknologi soalnya jaman kakek saya dulu gak ada yang model beginian (blag bleg blog) coba kalao ada pasti kake saya jadi bloger uluny xixixixixxxxiiiii

  124. Salam kenal.
    aku mau tanya cara buka posting awal gimana ya,ma’lum orang baru neh aga gaptek gitu.?

  125. bagi ilmu .. bagi pahala…
    jalan terus……. sukses untuk anda

  126. om klo mo isiin “Notify me of followup comments via email” kayak yang dibawah box comment ini gimana??maklum om baru belajar nih.

  127. makasih infonya

  128. lam kenal mas…..
    mas tolang kirim trik bikin blog bagi pemula ke email ak dunk…
    abis aku baca kok tambah penink hehehe…
    truz ak copy eh malah mintak te….
    ya biar ak gampang mahaminya gitu…
    thank ya bro….

  129. Artikelnya bagus menambah wawasan saya trims ya…lanjutkan artikelnya saya tunggu. O iya…Teman boleh minta bantuannya? Saya lagi ikut lomba Speedy Blogging Competition 2008, dimana criteria penilaiannya blog adalah banyak pengunjung, posting dan komentar. Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Please….. Kalau Boleh Kunjungi blog saya, hari ini saya posting 3 artikel tolong komentarnya, komentarnya harus berkaitan dengan artikel yang di pilih teman. Ini alamatnya : http://regedit.blog.telkomspeedy.com/ terima kasih banyak.

  130. kok alt+v nya ga bisa yah, kalo di teka shortcut itu, langsung mbuka “view -> toolbar” gitu….pilih toolbar yg mana buat nampilin font?

  131. Orang Kok Baiknya Kayak gitu !
    MATURNUWUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUN………..

  132. Artikelnya bagus kata-katanya juga menarik mudah di cerna Trims ya infonya saya tunggu artikel selanjutnya, O..iya Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Kalau Boleh Kunjungi blog saya, hari ini saya sudah posting artikel tolong komentarnya ya dan kalau bisa komentarnya harus berkaitan dengan artikel saya ini alamatnya http://regedit.blog.telkomspeedy.com/2009/01/19/sejarah-telekomunikasi-indonesia-telkom-bag-2/ terima kasih banyak.

  133. Mas gmn e cranya ngeblog dr 0 ?? Prtama2 tu msuk ke situs mna ? trz k mna smpai slese?

    coal nya q gak bisa ng blog,,, jadi beri tips ngeblog dr awl smpai slese yahc…

    dan jgn lupa masuk ke situs pa ja kalau ngeblog lewat word.press.com??

    tolong cepat bls nya yah..q tunggu.. atau kirim ke email q

    fandikadoi2ymail.com
    bwt semua orang yg baca permintan q.. mhon bntu q juga yahh,,,

    q tunggu……

  134. SALAM KENAL, KALAU MAU NEMPEL2 GMBR, JAM, DATA PENGUNJUNG, DLL DI WORDPRESS GIMANA CARANYA??? MINTA INFORMASI DTILNYA YA? jasmanfaiz@yahoo.co.id

  135. Salam kenal mas, mampir juga di blog saya dan mohon masukan buat blog saya, terimakasih

  136. mas, cara ganti gambar W disamping alamat web kita gimana mas klo mau pake gambar kita ndiri ? makasie

  137. makaceh infonya
    oia cari theme wordpress yang unik di mana yak

    gabung yak http://bisnisfrenstore.wordpress.com

  138. sahabat…kalaulah ada kata yang bisa kupersembahkan untukmu, tentu kata itu adalah cinta, cinta yang sederhana dan dewasa.
    sahabat…kalaulah ada rasa yang bisa kuberikan untukmu, maka rasa itu tentu adalah sayang, rasa sayang yang bersahaja.
    thanks for all information guys…

  139. oh ya mas caranya gimana biar foto kita nampang di wordpress maksudku biar bukan gambar kotak segi3 itu loch

  140. ==Makasih buat TIPSnya==

  141. trims,,thanks,,merci,,matur nuwun,,
    bermanfaat boss,,

  142. thanks bgt info and tipsnya…sambil ngblog enaknya sambil nyari duit

  143. gimana nih cara nyari bahan yang efektif???

  144. isi blognya bagus semua nih. kebetulan juga dari jurusan kimia. jadi merasa terbantu sekali dengan adanya blog ini. ma kasih ya..

  145. bos ngisi widget tamu saat ini scriptnya apa?
    tolong kasih tau Aq di email zona.dedy@yahoo.com ya….
    kalo bisa secepatnya.

  146. Wah, terima kasih banget atas infonya

  147. Nice blog………

    Kunjungan balik Ditunggu