Mengubah File DjVu Menjadi File PDF

Convert DjVu (DejaView :) ) to PDF

Baru saja saya mendapatkan buku dengan format file *.djvu. Serasa asing mendengarnya namun tidak terlalu pusing karena di google pasti ada penjelasannya. Dari google diperoleh informasi bahwa file *.djvu itu bisa dibuka dengan image viewer semacam irfan view atau windjview untuk freeware-nya.

Karena tidak umum tipe file itu maka tergelitik untuk ingin tahu cara mengkonversinya ke format pdf. Sayang belum diperoleh software yang bersifat gratis. Akhirnya googlepun dimanfaatkan untuk mendapatkan tips mengubah untuk mengubah file DjVu menjadi file pdf.

Caranya tidak terlalu sulit. Hanya perlu kesabaran jika file yg diubah ukurannya cukup besar. Buka file DjVu itu menggunakan DjVu Viewer yang kita punya tadi. Kemudian cetak file DjVu dengan menggunakan Printer: Adobe PDF (jangan menggunakan printer secara fisik). Kemudian tentukan tempat penyimpanan file yang nanti berformat pdf hasil konversi dari file DjVu.

Untuk lebih jelasnya monggo disimak tanya jawabnya di forum PalnetDjVu.

About these ads

39 thoughts on “Mengubah File DjVu Menjadi File PDF

  1. ” …. file *.djvu itu bisa dibuka dengan image viewer semacam irfan view ….”

    Pak Urip, untuk mengubah (convert) file DJVU ke PDF tak perlu dicetak dalam format printer Adobe PDF, cukup dengan software irfan view saja. Caranya, setelah file DJVU dibuka/dibaca dengan software tsb, kemudian klik “file” dan “save as” beri nama file kemudian pilih dalam format PDF. Maka file otomatis akan tersimpan dalam format PDF. Semoga membantu.

    NB: Untuk software Irfan View (IrfanView-Setup dan IrfanView-Plugin) dapat didownload dari //www.irfanview.com/ secara gratis. Selamat mencoba.

  2. Mas urip , ketika saya print document djvu dengan adobe PDf, dokumen yang dihasilkanya muncul garis2 (sedangkan dokumen yang lain seperti .doc .xls tidak pernah kejadian seperti itu). bagaiamana setingannya supaya hasil print dari dokumen djvu tidak ada garisnya

    terimakasih

  3. Thx.

    Kisahnya hampir sama. Saya dapat e-book dengan ekstensi djvu.
    Terus inget mBah Gugel. Waktu tanya ke beliau, saya di antar ke sini. DI urutan pertama.

    Thx bgt.

  4. wah .. thank banget .. aku baru ngedownload buku gretongan dengan format djvu .. tadinya kukira punyanya java .. eh tau-nya :) pokoke thanks banget!

  5. Sy mncoba convers djvu ke pdf, dg cr print ke pdf, stiap lmbrnya butuh wktu smpe 5 menit (pdhl sy pny 300 hlmn), sdg klo pake cara save as pdf, tyt lama sekali, ditunggu smpe 1 jam belum kelar2 jg, apkh ada yg th cara yg cepat & praktis?
    Trmksh :-)

  6. Ping balik: Kumpulan Link « Qonitta’s Weblog

  7. iya ni, mantep. terimakasih mas
    aku dah coba convert pake irfanview koq, tinggal save as ke pdf langsung ngacir, gak lama padahal yg di convert lbih dari 100 halaman.

Komentar ditutup.