Kimia 12.4 Unsur Radioaktif

Perlu diingat bahwa tidak semua unsur bersifat radioaktif. Mengapa? Pokok bahasan unsur radioaktif ini sangat menarik.  Dalam pelajaran fisika juga dibahas secara fisika tentang radioaktivitas. Sangat banyak sekali informasi yang bisa kita peroleh ketika kita menjelajah di internet. Materi pelajaran ini bisa saja diambil dari beberapa materi perkuliahan tingkat pertama di perguruan tinggi. Intinya bahasan terkait unsur radioaktif bisa dijadikan bahan pengayaan pengetahuan kimia di SMA.

Berbagai tautan tentang pokok bahasan ini diklasifikasikan menjadi 3 bagian penting yang meliputi pengertian unsur radioaktif, kegunaan unsur radioaktif, bahayanya unsur radioaktif. Beberapa bentuk file tersedia, mulai dari tayangan presentasi, pdf, simulasi, animasi, dan video.

Bahasan unsur radioaktif berupa situs (html) yang bisa dijelajah lebih jauh:

Bahasan unsur radioatif berupa tayangan (slide) powerpoint:

Selain itu lewat situs Monroe County Community School Corporation ini ia meletakkan semua file baik powerpoint maupun video dalam beberpa format yang mendukung pembelajaran kimia di kelasnya. Lagi-lagi kita bisa menggunakannya juga. sebaiknya kita download saja agar jika situs tersebut tidak aktif lagi kita masih memilikinya. Siapkan waktu dan bandwidth internet yang memadai untuk melancarkan proses pengunduhan data.

Bahasan unsur radioatif berupa video:

  • Teachers’ Domain, dari situs ini kita bisa men-download berbagai video baik dalam format mov (dimainkan dengan Quick Time) maupun dalam format flash. Video yang ada antara lain, radiasi dalam sehari-hari, reaksi fusi-fisi, reaksi nuklir dalam plutonium, bom hidrogen dan lain-lain. Silahkan daftar dulu untuk bisa mengakses secara bebas, tidak lagi dibatasi untuk melihat-lihat file yang tersedia.
  • Situs Dr. Ott, dari situs ini kita bisa melihat banyak sekali video demontrasi terkait pelajaran kimia. Jadi tidak hanya bahasan tentang kimia inti saja tapi lengkap, yaitu bahasan yang umumnya diajarkan di kelas 11 dan 12 SMA di luar sana.
  • Dari Youtube dengan menggunakan kata  kunci nuclear chemistry.

Berupa Animasi

Selamat melakukan penjelajahan berbagai situs untuk memahami pokok bahasan unsur radioaktif, semoga bermanfaat.

Satu tanggapan