Link Materi Pembelajaran Kimia dengan Animasi

Selain beberapa yang telah saya temui dan telah saya letakkan di kolom sisi samping blog ini (Link Kimia) dan juga pada postingan sebelumnya, berikut ini beberapa link yang saya baru dapati terkait dengan materi pelajaran kimia, sangat cocok dijadikan bahan belajar untuk siswa SMA atau untuk mahasiswa semester awal di jurusan kimia atau yang lain.

  1. http://www.mpcfaculty.net/mark_bishop/default.htm
    Berisi pelajaran kimia yang disajikan dalam bentuk file presentasi, animasi, file pdf.
  2. http://lc.brooklyn.cuny.edu/smarttutor/
    Tidak hanya materi kimia yang disediakan di website ini, tetapi juga tersedia materi sain lain dan juga matematika serta pemrograman komputer serta bahan lain. Tidak terlalu mendalam namun cukup menarik menjelaskan berbagai hal, termasuk model pembelajaran interaktif.
  3. www.chemmybear.com
    Pada tautan ini bisa didapati beberapa materi kimia mulai dari bahan pelajaran kimia umum, yang tersajikan dalam bentuk animasi, panduan eksperimen, study card dalam format pdf dan beberapa tautan lain untuk bahan pelajaran kimia.
  4. www.chem.ox.ac.uk/vrchemistry
    Virtual Chemistry, yah ini adalah pembelajaran kimia secara virtual, lengkap dengan tutorial dalam bentuk movie yang bisa interaktif dengan tampilan yang cukup menarik dan tidak membosankan.
  5. http://ull.chemistry.uakron.edu/genchem/animations/index.html
    Tidak terlalu lengkap namun bisa dijadikan pelengkap 🙂 . Disajikan dalam file mov. Beberapa link-nya tidak dapat berfungsi.
  6. http://chemmovies.unl.edu/ChemAnime/index.htm
    Simpel dan interaktif, berisi tentang bahasan asam basa, gaya atraktif, orbital atom, struktur atom, elektro kimia, struktur molekuler, larutan, zat padat.

Dari yang saya tuliskan di atas semua saya kopi/salin ke hardisk sehingga bisa digunakan secara offline (tidak perlu terhubung dengan internet). Untuk bisa membuka dengan sempurna kadang diperlukan software shockwave, dan atau quicktime, dan atau java, atausoftware lain yang sesuai dengan type file pada masing-masing situs. Jika berminat untuk menyalin isi link dari website di atas saya sarankan menggunakan HTTrack website copier, baik untuk under windows atau linux tersedia.

Memang untuk beberapa website diperlukan waktu yang cukup lama untuk mengunduhnya (mendownload). Tapi itu tidak jadi masalah jika kita memiliki bandwidth yang cukup lebar. Bagi yang tidak cukup memiliki waktu atau akses internet yang memadai saya bisa kopikan ke CD atau DVD (cukup ganti biaya kirim dan pengkopian ke keping CD/DVD). Mungkin bisa dimanfaatkan untuk tambahan atau alternatif bahan pelajaran di kelas. Yang berminat (serius) bisa meninggalkan pesan lewat kolom komentar di bawah postingan ini atau kirim ke alamat email saya: mr dot urip at gmail dot com. Atau bisa juga lewat pesan singkat ke 081349 224050.

Maaf ujung-ujungnya jadi begini 😀 , tapi sekedar untuk membantu rekan guru kimia atau mungkin pelajar-mahasiswa yang belum punya dan memang sangat memerlukan.

37 responses

  1. Wah tengkiyu, pak urip. Ini cocok juga untuk saya, yang karena tuntutan tugas harus berusaha tertarik lagi dengan kimia. *Langsung lari ke lokasi*

  2. terakhir belajar kimia… 6 tahun lalu. sekitar bulan juni-juli. jadi nostalgia nie 🙂

  3. Wah saya itu ndak suka kimia, karena buat saya kok ngejelimet banget.

  4. Makasih pak Guru, link nya bagus2 sekali.

  5. pak siip banget tuh, biasnay bwt media pembelajaran kimia pake apa pak?

  6. ditunggu deh jadi oleh2 pas pak urip ke jogja!
    nanti saya kirimkan ulang ke guru kimia saya di SMA, kebetulan lama tak silaturahmi ke beliau…
    ditunggu ya pak urip..hehehhe…

  7. Mantap Pak…
    Soalnya metode pembelajaran “konvensional” seringkali tdk bisa mencapai target karena terkesan monoton dan tidak menarik
    Pembelajaran dengan animasi diharapkan bisa menarik dan mningkatkan minat dan perhatian anak dalam belajar

  8. Wah udah lulus ya pak, selamat ya pak, udah mulai jalan2 dan nulis lagi, ini link nya aku simpen buat anakku kelak 🙂

  9. @ Ibu Evy:
    Belum kok bu, sedang menunggu hasil nanti 5 Juni baru diumumkan.

  10. Kimia, dulu saya dapat nilai 2.6 ..

  11. Waktu tingkat I dulu dapet semacam matrikulasi kimia selama 1 tahun, sayang belum era informasi model begini.
    Btw, Pak Guru kemana aja toh, ketinggalan berita je.
    Denger-2 sedang “berjuang”, moga sukses pak.

    Sama juga cak, saya juga gitu. coba semua dari dulu ada hehehehe. Yah sekarang tinggal nunggu hasil saja…mohon doa. hehehe

  12. Waaah ini dia para guru lain jadi males bikin modul bos, karena kang Urip telah merilisnya dalam berbagai versi…
    btw.. Bos kimia, maaf ganggu. Aku mau tanya rumus berat itu standarnya dihitung dari mana yaa… kan ada berat standar, lalu meter standar dll… tq

    Ketentuan standar itu hasil kesepakatan bersama saja khan?!

  13. @warga banten,
    waaah masih mending neng, aku ujian malah dikeluarin, gara nyontek… 🙂

  14. sayang pak guru..dari dulu saya ga ngerti kimia apaan? baru ngeh kalo ternyata “kentut” itu ternyata proses -kimia- didalam tubuh kata temen sebelah saya yang ngelepas gas beraroma khusus itu sehingga temen2 kantor pada ribut :). Success!!

  15. mas urip, njennengan bisa begitu pinter, resepnya apa sih? jadi penasaran saya!!!
    apa teman2 ngajar mas urip seperti njenengan juga? kalo banyak yang seperti mas urip, beri tau dong resepnya, biar temen2 guru di tempat saya hobi nge-blog seperti njenengan dan teman2…
    karena yang seperti ini yang oke banget… matur nuwun

    Ah saya bisanya cuma ya begini ini Cak… Yang penting minat kuat saja dulu saya kira. Saya sendiri belum berhasil mengajak temen sekantor saya untuk mau menulis. Untuk ngeblog memang tidak bisa dipaksakan… harus ada kemauan untuk berbagi, nah mereka pikir apa yang mau saya bagi, kadang orang tidak mengenali kemampuannya, ini masalahnya. Blog sampean yo sudah bagus gitu kok.

  16. pak, sampean nyari link-link itu apa pake google? Atau ada cara khusus? Thx b4.

    Hehehe Dari google saja kok hanya pemakaian keywordnya saja yg khusus/spesifik. Makanya saya kasih tag Dari Google Cak…

  17. Kimia saya di rapor 9 pak guru…

  18. saya berminat untuk memesan copian cd atau dvd kimia animasinya…satunya berapa dan ongkos kirimnya berapa?serta transfer lewat bank mana?terima kasih.

  19. H I Gede Mendera

    Saya berkeinginan memiliki media pembelajaran kimia terutama animasi materi yang abstrak sehingga lebih meudah dipahami oleh siswa, terima kasih

  20. Fadill Syahrizal

    Pak Makasih Banget elmunya. very very bermanfaat. soale kalo guru ku yang menerangkan dikelas kadang suka gak ngarti. jadi deh saya langsur meluncur kesini. biar ngarti

  21. ada tank bawa kayu
    wah..tangkyu banget pak
    moga sama-sama dapet berkahNya…heheheeee

  22. ada yang berbahasa indonesia nggak mas??

  23. Mas aku boleh kenal lebih dekat ga? Kebetulan kita satu spesies (sama2 laki2nya) en sama2 guru kimia + TIK gadungan. aku dah kirim emel ke mas tapi gak dibales (kasian deh). kalo iya ntar tak telpon aja deh.

  24. saya sebenarnya sangat butuh banyak pembelajaran2 alternatif tentang kimia? tus gmn detil biaya n lainya kalo pesan cd/dvd??????

  25. Kalo boleh saya pengen link blog Pak Urip di blog saya, karena saya sangat ingin lebih mengenal tulisan-tulisan pak Urip yang luar biasa menurut saya. Saya adalah guru kimia yang ingin terus mengasah kemampuan saya tentang pembelajaran multimedia kimia…..

  26. tolong balas ya pak ke email saya atau di blog saya

  27. […] Link-link di atas saya copy dari blognya Pak Urip […]

  28. […] Link-link di atas saya copy dari blognya Pak Urip […]

  29. mana kirimannya ttg tutorial bab redoks, korosi dan elektrokimianya
    saya tunggu di sh1m4y.143@gmail.com
    tlg segera dikirim ya, ini tugasny dari chemic teacher MANDAKU
    terima kasih

  30. Mr. Urip tlg ya fileny
    please
    kirim ke e-mail saya
    secepatnya ya…..
    file2ny di link situs yg ada susah didowload

  31. karmila MAN 2 KUDUS

    MR.urip saya munta kiriman materi sel volta.
    tolong secepatnya kirim di E-mail saya.saya muridnya pak muspo.

  32. karmila MAN 2 KUDUS

    please secepatnya ya…

  33. selamat ya
    atas terbentuknya link ini,
    walo aku agak telat taunya.

  34. Bagi ilmunya donk, bagaimana membuat pembelajaran animasi kimia dengan menggunakan macomedia flash untuk SMA kelas 1!
    Isinya apa aja (modul)

    thanks & regards

  35. Boljug nih Pa.. Kyak nya bisa bermanfaat buat sekolah yang fasilitasnya lab belum lengkap, bisa dijadikan media alternatif untuk peningkatan pemahaman siswa tentang kimia, jadi siswa punya gambanran yang lebih kongkrit, gmn sebenarnya reaksi kimia itu bisa terjadi, thanks a lot. saya minat tuh CDnya, tapai mahal ga?

  36. saya mw nanya bagaimana cara download file’nya?